Terdapat banyak aturan tak tertulis di masyarakat yang harus kita taati, tak terkecuali saat kita berada di gym. Jika kamu pernah ke gym, kamu pasti mendapati ada beberapa orang yang tidak mengikuti etiket gym dan membuat orang lain di sekitar, termasuk kamu, menjadi tidak nyaman. Jika kamu belum pernah ke gym, ada baiknya kamu mengetahui aturan ini agar tidak mengganggu pengunjung lainnya.

Berikut adalah hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan saat berada di gym:

  1. Membiarkan peralatan gym terkena keringatmu 

Tentu saja berkeringat saat berolahraga di gym itu wajar. Tapi, pastikan kamu selalu membawa dan menggunakan handuk olahraga dengan benar. Ini adalah bagian penting dari etiket olahraga di gym. 

Ketika berkeringat, selalu seka keringat kamu dengan handuk. Jangan sampai keringat kamu bercucuran di alat gym. Sebagian alat gym dilapisi kulit, sehingga keringat yang berjatuhan di atasnya tidak akan hilang kecuali kamu mengelapnya.

  1. Duduk atau bersandar di alat gym tanpa menggunakannya 

Di tempat gym pasti ada orang yang hanya nongkrong, duduk, atau bersandar di alat gym dengan memainkan handphone. Ini adalah perilaku tidak benar yang membuat orang lain tidak nyaman. Jangan pernah duduk atau bersandar di alat gym jika kamu memang tidak menggunakannya. Jika ingin mengirim pesan atau membuka media sosial, duduklah di tempat duduk yang disediakan, bukan di peralatan gym. Ingat, bukan hanya kamu saja tapi ada orang lain yang ingin menggunakan alat itu. 

  1. Menelepon dengan keras 

Hal menyebalkan yang kerap terjadi di gym adalah mendengarkan orang menelepon dengan suara keras, apalagi mengaktifkan loud speaker. Tindakan ini sangat mengganggu dan membuat orang lain menjadi tidak nyaman. Jika kamu harus mengangkat telepon penting, gunakanlah headset dan jangan berbicara terlalu lantang. Atau, kamu bisa keluar sejenak untuk menerima telepon agar tidak mengganggu orang lain. 

  1. Menggunakan satu alat selama berjam-jam 

Semua peralatan olahraga di gym adalah milik bersama. Jadi, jangan sampai kamu menguasai satu alat dan menggunakannya selama berjam-jam tanpa memperhatikan orang lain. Mereka yang datang ke gym juga berhak menggunakan alat yang kamu pakai tersebut. Jadi kamu harus peka dan bergantian dengan yang lain. 

  1. Menggeletakkan barbel sembarangan

Mengembalikan barang atau mainan ke tempat semula, adalah hal yang sudah kita pelajari sejak masih kanak-kanak. Nah, sikap ini juga perlu diterapkan saat kamu pergi ke gym. Setelah menggunakan barbel angkat beban, kamu harus meletakkannya ke tempat semula. Jangan biarkan barbel tergeletak di sembarang tempat. Selain membuat gym jadi berantakan, barbel yang berceceran juga bisa mencelakakan orang lain. Saat ada orang lewat, dia bisa saja tergelincir karena menginjak barbel. 

  1. Memaksa pengguna lain untuk bergantian alat gym

Menggunakan alat gym selama satu jam penuh atau bahkan lebih, memang tidak sopan. Tetapi, kamu juga tidak boleh memaksa pengguna lain untuk pergi berganti alat hanya karena kamu ingin menggunakannya. 

Tentu saja paksaan ini tidak dilakukan dengan langsung mengatakan secara kasar. Dengan berdiri di sampingnya, memperhatikan dia yang sedang berolahraga, sambil menatap tajam ke arahnya, juga menunjukkan bahwa kamu memaksa dia untuk berpindah alat. Sikap ini juga tidak sopan untuk dilakukan. Jadi, selagi menunggu dia, kamu bisa menggunakan alat lain yang masih tersedia. 

Baca Juga :

6 Alternatif Latihan Gym yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

7 Gerakan Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah, Tidak Perlu ke Gym

Hindarin Bau Tak Sedap Saat Olahraga di Gym dengan Membawa Benda Berikut Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

Siapa yang tidak suka makanan lezat di restoran