Semua orang ingin selalu awet muda dengan kulit yang sehat dan kencang. Tapi, tanpa sadar, ada beberapa barang yang dapat memicu penuaan dini. Masalahnya, barang-barang ini adalah barang esensial yang selalu digunakan setiap hari. Penasaran apa saja barang tersebut dan bagaimana solusinya agar tidak mengalami penuaan dini akibat efek barang? Simak info berikut ini :

  1. AC

AC memang dapat menyejukkan ruangan dan membuat aktivitas dalam ruang jadi lebih nyaman. Tapi, AC juga menyebabkan udara lebih kering. Akibatnya. kulit dan selaput lendir kamu menjadi organ pertama yang terdampak olehnya. Wajah dan tubuh akan menjadi sangat sensitif. Hal ini bisa dilihat dari gejala gatal atau mengelupas. Jika dibiarkan terus-menerus, kulit akan menjadi kusam dan cepat keriput. 

Solusi :

Gunakan pelembab udara, atau belilah krim pelembab berkualitas agar kulit tetap sehat meski beraktivitas dalam ruangan ber-AC.

  1. Sabun

Kita selalu memakai sabun saat bersih diri atau mandi. Sabun menjadi kebutuhan yang sangat penting, terlebih setelah pandemi Covid-19. Tapi, tahukah kamu? Membersihkan kulit dengan sabun setiap hari dapat menyebabkan pertahanan alami kulit terhapus. Padahal, pertahanan kulit alami inilah yang menyelamatkan kita dari bakteri dan mencegah penuaan dini. 

Solusi :

Telitilah dalam memilih produk sabun. Carilah sabun dari bahan alami yang tidak berbahaya bagi kulit. 

  1. Bantal

Karena harganya terjangkau, kebanyakan orang memilih bantal dengan sarung berbahan linen katun atau rami. Kain reguler ini banyak dipilih karena tidak licin dan juga mudah dicuci. Tapi, sebenarnya sarung bantal yang terbuat dari bahan ini bisa berakibat buruk bagi penampilan. 

Mengapa? Karena bahan kapas yang tebal dapat meningkatkan risiko kerutan pada kulit, terutama untuk mereka yang suka tidur miring atau tengkurap. Selain itu, bahan katun juga menjadi tempat yang baik bagi tumbuhnya bakteri. 

Solusi : 

Coba ganti sarung bantal kapas dengan sarung bantal sutra. Bahan sutera memang lebih mahal, tetapi memiliki banyak keuntungan, yaitu lebih tahan lama, tidak menyebabkan kerutan pada kulit, dan mencegah pertumbuhan bakteri.

  1. Smartphone dan komputer

Kita selalu terpapar cahaya dari layar smartphone dan komputer setiap hari. Terlebih, pada masa pandemi ini, screen time kita menjadi lebih banyak karena komunikasi selalu dilakukan secara daring. Tanpa sadar, menulis pesan melalui smartphone dengan posisi leher tertekuk ke bawah, dapat memicu munculnya lipatan dagu. 

Selain itu, cahaya biru dari layar yang juga disebut high energy visiblelight bisa sama berbahayanya dengan sinar UV A dan UV B.

Solusi: 

Jika pemakaian smartphone dan komputer memang tidak terhindarkan, maka pasanglah pelindung layar yang memiliki teknologi anti cahaya biru. 

  1. Bra

Meskipun bra dianggap mampu melawan gravitasi dan membuat payudara tetap kencang, tetapi tidak ada bukti ilmiah untuk teori ini. Sebaliknya, ada teori yang justru mengatakan bahwa bra membuat otot dada menjadi lemah. Dan itu sudah terbukti. 

Para ahli yakin bahwa bra hanya berguna bagi wanita dengan ciri tubuh tertentu, misalnya memiliki kelenjar susu yang besar. Nah, pada kasus tersebut, bra dibutuhkan agar wanita merasa nyaman. Tapi, jika tidak memiliki ciri tertentu, maka bra justru akan melemahkan otot dan membuat payudara lebih kendur. 

Solusi : 

Pakailah bra hanya jika diperlukan, misalnya saat olahraga. Jika tidak perlu memakai bra, maka hindari untuk memakainya. 

Baca Juga :

Kaya kolagen, Gelatin Terbukti Dapat Membantu Memerangi Penuaan Dini. Ikuti DIY Masker Gelatin Ini!

Kesalahan Melembabkan Kulit yang Ternyata Bisa Menyebabkan Penuaan Dini

3 Makanan yang Terbukti Menghindarkan Dari Keriput dan Penuaan Dini Pada Kulit

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Hilangkan Jerawat? Coba Ubah Kebiasaan Kamu dengan Cara Berikut!

Jerawat adalah musuh semua orang. Tidak hanya membuat