Tahukah kamu? Tercatat pada 2019 bahwa nilai umum barang palsu di seluruh dunia mencapai 509 miliar dolar Amerika Serikat. Jumlah yang cukup fantastis, bukan?

Tidak heran produk palsu telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia, sehingga orang patut waspada saat akan membeli barang. Bisa jadi, barang yang dibeli dengan harga mahal yang setara dengan harga asli, justru mendapat barang palsu. 

Untuk itu, kamu harus belajar mengenali bagaimana wujud barang palsu dan bagaimana barang merek asli. Berikut adalah beberapa tanda barang palsu yang wajib kamu waspadai sebelum belanja :

cara bedakan tas asli palsu
  1. Detail kontak produsen

Salah satu tanda produk palsu yang bisa kamu deteksi adalah absennya informasi tentang perusahaan yang memproduksi produk beserta detail kontaknya. Jika perusahaan tidak memberikan alamat, email, situs web, atau nomor telepon untuk menerima review atau keluhan dari pelanggan, maka itu akan menjadi masalah besar.

Pilihan terbaik adalah berusaha menghindari untuk membeli produk mencurigakan yang tidak mencantumkan detail kontak produsennya.

  1. Kelengkapan Aksesoris

Berbagai perusahaan besar meminta konsumen mereka untuk sangat memperhatikan semua item pelengkap atau aksesoris yang disertakan pada produk utama. Biasanya, untuk produk teknologi, pembeli harus memeriksa apakah earphone, pengisi daya atau charger, buku petunjuk, dan kartu garansi, disertakan dalam kemasan atau tidak. 

  1. Kualitas layar pada gadget

Salah satu karakteristik yang tidak terlalu jelas, namun perlu kamu perhatikan saat memeriksa gadget baru adalah kecerahan layar. Barang yang asli akan memiliki layar yang jauh lebih gelap saat kamu menyalakannya untuk pertama kali. Sementara barang yang palsu akan jauh lebih cerah saat pertama kali dihidupkan. Karakteristik ini berlaku pada produk handphone seperti iPhone.

  1. Penempatan logo

Sebelum membeli produk bermerek apa pun, lihat gambar logonya terlebih dahulu dan perhatikan kualitas dan posisinya. Biasanya, merek ternama akan memasang logo mereka di tempat tertentu, menggunakan font dan ukuran yang unik. Sementara pada barang palsu, umumnya logo merek tidak dibuat degan baik. Entah itu dari segi penempatan logo, ukuran logo, maupun kualitasnya. 

  1. Pola atau motif yang tidak akurat

Saat membeli pakaian dan tas, perhatikan dulu jahitannya. Umumnya, jahitan pada produk yang asli akan sangat rapi, indah, dan lurus, sehingga pola atau motifnya akan rata. Sedangkan pada produk palsu, jahitan biasanya terkesan asal-asalan, dan pola atau motif pun sering kali tidak seragam atau tidak rata. 

  1. Penempatan tombol yang tidak akurat

Saat membeli AirPods, kamu akan dengan mudah mengidentifikasi apakah itu asli atau tidak, bahkan sebelum kamu membuka dan mencobanya. Pada produk palsu, tombol “back” akan jauh lebih tinggi daripada casing aslinya. Selain itu, casing asli akan memiliki detail teks asli yang dimiliki semua produk Apple.

  1. Kemasan murah

Semua merek ternama sangat memperhatikan cara mereka mengemas produk. Itulah mengapa kemasan produk asli memiliki kualitas yang sangat baik. Jadi, ketika kamu mendapati kotak produk terlihat jelek, dengan warna pudar, atau cetakan yang yang berantakan, itu bisa jadi tanda bahwa produk yang hendak kamu beli adalah barang palsu. 

Baca Juga :

Jangan Sembarangan, Bulu Mata Kamu Harus Dirawat dengan Cara yang Tepat !

Toko Online Kini Makin Marak, Ini Barang-Barang Yang Akan Lebih Untung Jika Kamu Beli di Internet.

Bingung Gimana Cara Membedakan Tas Branded Yang Asli Dan Palsu?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Tren Interior Rumah yang Tampak Keren Tapi Justru Membawa Petaka

Jika kamu sering membaca majalah atau artikel tentang