Tidak ada satu pasangan pun di dunia ini yang mendambakan perceraian sebagai akhir dari kisah cinta mereka. Baik itu pria maupun wanita, tentu saja semua orang mendambakan kehidupan pernikahan yang bahagia dan langgeng sampai maut memisahkan. Tapi, realitas yang ada di lapangan kadang berkata lain.

Seorang wanita berbagi cerita bahwa ketika dia dan suaminya memutuskan untuk bercerai dan memutuskan untuk pisah rumah, ada momen di mana perasaannya sangat hancur. Momen itu adalah saat ketika dia harus memberi tahu anak-anak, keluarga dan kerabat, bahwa dia akan bercerai.

Tapi waktu berlalu, dan setiap wanita pun belajar banyak hal menarik tentang dirinya dan tentang hidupnya pasca perceraian.  Berikut adalah beberapa cuplikan realitas kehidupan para wanita pasca bercerai, yang mungkin dapat menginspirasi kamu :

  • Hidup wanita menjadi lebih mudah setelah perceraian

Mungkin memang ada saat-saat kamu ketakutan dan putus asa. Pada awalnya, mungkin wanita berpikir bahwa kesedihan yang dialaminya ini akan bertahan selamanya. Tapi ternyata tidak seperti itu. Kehidupan pasca perceraian justru menjadi sebaliknya. Setelah bercerai sekalipun, wanita masih akan mengalami masa-masa  penuh harapan, kebahagiaan dan rasa syukur.

Hal ini terjadi karena setelah bercerai, seorang wanita akhirnya bisa menjadi dirinya sendiri dan memahami apa yang sebenarnya dia inginkan dari kehidupannya.  Pada dasarnya, perceraian adalah halaman baru dan kamu menjadi orang yang sama sekali berbeda. Selangkah demi selangkah, kamu akan melangkah maju.  Kamu kehilangan pasangan, tapi kamu akan menemukan diri kamu yang sesungguhnya. Kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk hobi kamu, untuk bersantai, atau melakukan sesuatu yang menyenangkan.

  • Wanita memahami bahwa hidup menjadi lebih baik untuk anak-anak kamu
30 Kata Bijak Wanita Sabar yang Menginspirasi dan Memotivasi - Hot  Liputan6.com

Sebelum perceraian, umumnya wanita akan terus khawatir dan bertanya-tanya apakah anak-anak akan baik-baik saja tanpa kehadiran ayah mereka. Namun, setelah dijalani, ternyata kekhawatiran tersebut tidak begitu berarti.  Sekarang dia bisa melihat anak-anak tumbuh menjadi lebih kuat dengan sendirinya. Mereka menjadi lebih berani dan lebih bertanggung jawab dalam menjalani kehidupan.

  • Wanita memahami bahwa menangis bukanlah kelemahan

Setelah perceraian, mungkin ada momen di mana kamu merindukan suasana keluarga utuh. Bisa jadi momen tersebut adalah momen hari raya seperti Natal atau Idul Fitri. Kamu mungkin saja bisa menangis, dan anak-anak kamu yang melihatmu menangis akan turut menangis bersamamu.

Melalui kejadian ini, kamu akan memahami bahwa menangis tidak membuatmu lemah. Menangis adalah hal yang normal untuk mempersiapkan diri.  Kamu perlu menerima diri sendiri dan itu berarti kamu perlu menerima emosi kamu, karena emosi tersebut adalah bagian dari dirimu. 

  • Wanita bisa melihat rasa bersalah sebagai hal yang paling sulit untuk dilepaskan

Salah satu hal tersulit adalah menerima bahwa hidup tidak akan sama lagi dan impian kamu untuk menua bersama mantan kamu tidak akan terjadi.  Di balik semua itu, ada perasaan bersalah yang menyelimuti para wanita pasca bercerai. Sebaiknya kamu berhenti menyalahkan diri sendiri karena ini akan menyedot energi kamu.  Wanita mampu melakukan segalanya dan mereka bisa menangani semua masalah. Jadi, lepaskan saja masa lalu kamu dan buka lembar yang baru.

  • Jangan mengulur-ulur waktu

Menunggu dan berharap adalah hal yang luar biasa, tetapi itu tidaklah cukup.  Jangan menyia-nyiakan hidup yang baik hanya untuk menunggu. Sebaiknya, buang saja yang buruk.  Jangan menunda-nunda, jika kamu memang harus segera bercerai. Mengapa? Karena butuh waktu setidaknya 2 tahun untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan pasca bercerai sebelum akhirnya kamu bisa beraktivitas dengan normal dan berbuat sesuatu untuk hidup kamu.

  • Memilih kesendirian, bukan kesepian

Menikmati kebersamaan diri sendiri itu sangat penting. Tentu sulit untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru setelah lama hidup dengan orang lain, tetapi ada obat yang baik untuk rasa kesepian. Obat itu disebut kesendirian. Solusi mengatasi kesepian, pada dasarnya bukan beralih untuk menjalin hubungan lain, tetapi mulai memperbaiki diri dan menganalisis mengapa kamu merasa kesepian tanpa orang lain. Merasa nyaman dengan diri sendiri adalah perubahan besar dan positif yang penting dalam kehidupan kamu.

Baca Juga:

https://www.tampilcantik.com/7-hal-yang-harus-dilakukan-suami-istri-untuk-menghindari-perceraian/

https://www.tampilcantik.com/ternyata-inilah-5-alasan-perceraian-yang-paling-umum-menyedihkan/

https://www.tampilcantik.com/perceraian-adalah-musibah-terburuk-rumah-tangga-cegah-dengan-hal-hal-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tanda Ini Menandakan Bahwa Hubungan Kamu Sempurna, Bahkan Jika Kamu Tidak Menyadarinya

Sangat wajar bahwa, orang akan meragukan hubungan mereka