Mengganti gaya rambut memang sangat menyenangkan. Gaya rambut dapat mengubah penampilanmu menjadi lebih menarik dan membuatmu makin percaya diri. Tetapi, pada akhirnya kamu akan menyadari bahwa rambut alamimu jauh lebih baik dari gaya rambut apa pun. 

Mengapa demikian?

Karena, mengganti gaya rambut berisiko memicu kerusakan. Saat mewarnai rambut misalnya, tekstur rambutmu akan menjadi kering dan sulit diatur jika tidak dirawat dengan baik. 

Jika sudah terlanjur, bagaimana cara mengembalikan ke kondisi semula dan bagaimana cara menumbuhkan rambut alami dengan lebih cepat? Simak tips berikut, ya!

  1. Lakukan co-washing setiap hari

Co-washing adalah keramas dengan kondisioner. Jika rambutmu dalam kondisi rusak parah dan sangat kering, kamu membutuhkan perawatan co-washing setiap hari untuk menjaga kelembapannya. 

Saat melakukan co-washing, bukan berarti kamu harus melewatkan sampo sama sekali. Kamu tetap boleh keramas dengan sampo sebelum mengaplikasikan kondisioner. Tapi, sampo yang digunakan harus bebas sulfat dan bebas busa, agar rambut kamu tetap bersih namun tidak kering.

  1. Deep conditioning seminggu sekali

Rambut rusak membutuhkan perawatan ekstra untuk mengembalikan kelembapannya. Salah satu perawatan rambut yang bisa dilakukan adalah deep conditioning. 

Kamu perlu mencari produk deep conditioner dan mengaplikasikannya setiap satu minggu sekali. Selain mengaplikasikan produk, kamu juga harus menunggu cukup lama agar kondisioner meresap, misalnya sekitar 1 sampai 2 jam. 

  1. Pilih sisir yang tepat dan selalu hati-hati saat menyisir rambut 

Tahukah kamu, pemilihan sisir rambut tidak boleh sembarangan. Kamu perlu mencari sisir yang sesuai dengan jenis rambutmu. Dengan begitu, kamu bisa menghilangkan kusut dengan mudah.

Selain memilih sisir yang tepat, kamu juga harus bersabar dan ekstra hati-hati saat menyisir rambut. Jangan sampai, karena terburu-buru, kamu jadi asal-asalan dan semakin merusak rambut karena kebiasaan menyisir yang tidak benar. 

  1. Hindari handuk bertekstur kasar

Tanpa sadar, handuk yang kamu pakai untuk mengeringkan rambut juga dapat berpengaruh pada kesehatan rambut. Jika ingin rambut tetap lembut, kamu perlu memilih handuk yang lembut pula. 

Alih-alih memakai handuk tebal yang bertekstur kasar, sebaiknya kamu memanfaatkan kaos atau kemeja lama yang sudah tidak terpakai untuk mengeringkan rambut. Kain yang lembut akan meminimalkan gesekan yang bisa berisiko merusak rambut.

  1. Hindari suhu panas

Aktivitas yang melibatkan suhu panas seperti menggunakan pengering rambut, mandi air panas, atau pergi keluar rumah tanpa pelindung kepala saat cuaca terik, harus kamu hindari. Jangan biarkan rambut kamu terpapar suhu panas terlalu lama. Sebab, suhu panas dapat membuat rambut semakin kering dan rapuh. 

Jika kamu ingin mandi air panas, bilaslah rambut dengan air dingin sesudahnya. Hal ini dapat mencegah kerusakan lebih lanjut. Selain itu, saat pergi keluar rumah di siang hari yang terik, usahakan untuk memakai topi atau pelindung kepala lainnya yang dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

Jangan lupa, setiap selesai keramas, biarkan rambut mengering dengan sendirinya. Hindari penggunaan pengering rambut jika kamu tidak ingin tekstur rambut makin kering. 

Baca Juga :

Cara Merawat Rambut Rusak dengan Masker Telur dan Alpukat

Lupain Rambut Kusam Dan Rambut Rusak Dengan DIY Masker Minyak Zaitun Ini!

Bingung Memperlakukan Rambut Rusak? Cobalah Hacks Menakjubkan Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat,