Terkadang kita tidak sadar, rutinitas kecantikan atau skincare routine yang kita lakukan tiap hari justru merusak wajah kita. Produk skincare yang sangat mahal sekalipun tidak akan membebaskan kamu dari iritasi. 

Mengapa? Karena dalam hal perawatan kecantikan, harga bukan penentu perawatan kulit terbaik. Faktor yang paling penting adalah bagaimana kamu melakukan skincare yang paling sesuai untuk jenis kulit kamu. 

Memiliki kulit mulus bahkan saat tanpa make up, adalah impian jutaan wanita. Namun, kemerahan dan iritasi pada wajah dapat menghancurkan impian itu. Nah, untuk mengatasi wajah merah dan iritasi, kamu bisa lakukan tips berikut : 

  1. Gunakan krim sebagai pengganti losion 

Ada perbedaan antara penggunaan krim dan losion. Untuk kulit kering dan sensitif, sebaiknya kamu menggunakan krim, karena krim dapat memberikan perlindungan ekstra agar kulit kamu tetap terhidrasi.

Di sisi lain, bahan losion akan lebih cepat diserap oleh kulit, sehingga losion direkomendasikan untuk jenis kulit normal atau kombinasi. Losion juga cocok digunakan selama musim panas.  

  1. Jangan mandi terlalu lama, cukup 5 – 10 menit saja

Salah satu kebiasaan wanita pada umumnya adalah menghabiskan banyak waktu di kamar mandi. Padahal, waktu mandi maksimum yang disarankan adalah sekitar 5 hingga 10 menit saja. 

Ahli kulit mengatakan bahwa 5 – 10 menit adalah waktu yang cukup untuk membersihkan dan melembapkan kulit. Jika kamu mandi terlalu lama, maka kamu harus menerima konsekuensinya, yaitu minyak alami di kulit kamu akan terkelupas.

Minyak alami tersebut adalah komponen yang bertugas menjaga kesehatan kulit kamu. Saat mandi terlalu lama, pori-pori kulit akan terbuka, dan air akan keluar dari tubuh. Kemudian, kamu mungkin akan mengalami iritasi dan kemerahan.

  1. Gunakan produk tanpa pewangi

Jika kamu menyadari bahwa kulit kamu menjadi iritasi dan sensitif setelah menggunakan produk perawatan kulit, maka gunakanlah losion, sabun, dan detergen tanpa pewangi atau gunakan produk organik.

Produk tersebut akan meminimalkan iritasi dan mengurangi reaksi alergi. Meski demikian, berhati-hatilah dengan produk-produk yang sudah memiliki label “bebas pewangi”, karena produk tersebut mungkin memiliki bahan kimia yang justru dapat mengiritasi kulit kamu. Pilihan terbaik adalah menggunakan produk organik.

  1. Biasakan untuk tutup pintu kamar mandi

Tak jarang orang-orang sengaja membuka pintu kamar mandi agar banyak udara segar yang masuk. Tapi, dokter kulit merekomendasikan agar kamu selalu menutup pintu kamar mandi.

Menutup pintu kamar mandi akan menjaga kelembapan yang sangat dibutuhkan di dalam ruangan, sehingga kulit kamu tidak terlalu kering.

  1. Oleskan pelembab segera setelah mandi atau setelah mencuci muka

Waktu terbaik untuk mengaplikasikan pelembab adalah saat kulit kamu masih lembap. Dalam hal ini, kulit akan mengunci hidrasi dan mencegah iritasi. 

Usahakan tidak menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah kamu, tetapi langsung oleskan krim segera setelah kamu mandi atau cuci muka.

  1. Lakukan eksfoliasi kulit tapi jangan gunakan scrub

Jika kulit kamu adalah kulit sensitif, maka pengelupasan kulit atau eksfoliasi dengan cara yang kasar seperti pemakaian scrub, akan menyebabkan kulit jadi merah dan iritasi.

Dokter menyarankan, sebaiknya kamu tidak menggunakan scrub atau metode mekanis lain yang dapat menyakiti kulit. Lebih baik menggunakan eksfoliator kimia dengan bahan yang ringan.

Jika kulit kamu terasa kering setelah pengelupasan sel kulit mati, segera gunakan pelembab.

  1. Gunakan jenis sun screen yang tepat untuk kulit kamu

Beberapa orang memiliki alergi terhadap sun screen atau tabir surya. Akibatnya kulit menjadi bersisik dan merah karena bahan kimia.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan tabir surya yang mengandung zinc atau titanium dioksida, agar kulit tidak iritasi.

  1. Beristirahatlah, hentikan sementara rutinitas skincare kamu

Kamu mungkin akan semakin gencar membeli produk dan mengaplikasikannya pada wajah, memperbaiki masalah. Tapi, terkadang justru kesederhanaanlah solusi bagi masalah kulit kamu. 

Ahli kulit mengatakan bahwa tubuh kamu juga perlu istirahat dari rutinitas kecantikan. Jadi, cobalah untuk beristirahat. Lakukan puasa skincare dari waktu ke waktu. Puasa skincare akan sangat baik untuk kamu yang memiliki kulit tipis dan sensitif. 

Baca Juga :

Dapatkan Kulit Merah Muda Bercahaya di Hari Valentine

Wajib Tau! Hindari Kandungan Berikut Jika Kulitmu Sensitif Dan Mudah Kemerahan

Kamu Mungkin Gak Pernah Kepikiran, Tapi Bubuk Cendana Merah Ini Akan Memberikan Kulit yang Sempurna

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kondisi Bibir Ini Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

Tahukah kamu? Bibir kita memiliki lebih dari 1.000.000