Pernahkah kamu memikirkan seperti apa bau vagina kamu?

Mungkin kamu tidak pernah benar-benar memikirkannya sampai kamu benar-benar mencium sesuatu dari vaginamu. Saat hal itu terjadi, mungkin kamu langsung mencari tahu apa penyebab dari baru vagina yang kamu alami. Mary Jane Minkin, MD., seorang profesor klinis di Departemen Obstetri, Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Fakultas Kedokteran Universitas Yale mengutarakan bahwa ada berbagai macam hal yang normal tentang aroma vagina. Jadi, ada aroma yang tidak perlu kamu khawatirkan, tapi ada pula yang merupakan tanda sesuatu yang buruk terjadi di dalam vagina kamu.

Berikut adalah berbagai aroma vagina dan kemungkinan penyebabnya :

  • Rotten (Bau Busuk)
7 Jenis Bau Miss V dan Penyebabnya

Bau vagina yang sangat kuat bahkan menyerupai makanan busuk, mungkin terjadi karena tampon/pembalut yang telah dibiarkan selama beberapa hari. Kombinasi dari darah menstruasi, bakteri dan cairan vagina yang tertahan di tampon/pembalut dapat menciptakan bau yang busuk. Bau vagina kamu akan membaik setelah kamu melepaskan tampon/pembalut

  • Fishy (Amis)
Menghilangkan bau amis pada vagina | Cara Menjaga Kewanitaan

Jika kamu merasakan bau amis yang kuat berasal dari vagina, kemungkinan kamu menderita vaginosis bakteri, alias BV. BV adalah infeksi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam vagina. Kamu juga mungkin mengalami hal-hal berikut ini :

  • keputihan ditandai dengan keluarnya cairan putih atau abu-abu
  • merasakan sensasi terbakar ketika kamu buang air kecil
  • gatal-gatal di luar vagina.

Di sisi lain, aroma vagina yang amis juga dapat menjadi pertanda bahwa kamu menderita trikomoniasis. Jika kamu :

  • mengalami bau amis pada vagina
  • keputihan ditandai dengan keluarnya cairan berwarna hijau atau kekuningan
  • merasa gatal-gatal
  • merasakan sensasi terbakar pada vagina
  • mengalami rasa sakit ketika buang air kecil atau berhubungan seks,

Bagaimanapun, jika kamu mengalami salah satu dari dua kemungkinan di atas, jangan stres. Segera periksa ke dokter dan dapatkan obat dari dokter, biasanya berupa  antibiotik jika diperlukan.

  • Bread-like (Seperti Roti)

Jika kamu mencium bau unik seperti bau ragi roti di dalam vagina, maka kamu mungkin mengalami infeksi jamur. Tanda-tanda lain dari infeksi jamur termasuk :

  • keputihan seperti keju
  • rasa gatal yang intens pada vagina dan vulva

Infeksi ini biasa terjadi saat pelumasan, spermisida, penggunaan antibiotik, atau bahkan kehamilan, karena hal tersebut memungkinkan jumlah jamur normal di daerah tersebut berkembang terlalu banyak. Lingkungan yang hangat dan basah adalah tempat yang baik untuk jamur, jadi kamu juga bisa mendapatkan infeksi ini ketika kamu berolahraga dan duduk di pakaian dalam yang berkeringat, mengenakan pakaian renang basah. Infeksi jamur memang bukan masalah besar. Kamu cukup periksa ke dokter untuk mengonfirmasi diagnosis kamu. Kebanyakan infeksi jamur dapat disembuhkan dengan obat anti jamur.

  • Bleachy (Aroma Pemutih)

Jika kamu mendapati aroma klorin atau aroma seperti pemutih setelah berhubungan seks, maka tidak perlu khawatir. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena pelumas atau kondom tertentu yang kamu gunakan. Kamu bisa mencoba pelumas tanpa aroma atau mencoba merek kondom lain jika aromanya benar-benar mengganggu.

  • Tinny (Aroma Logam)

Jika aroma vagina kamu samar-samar seperti logam selama kamu menstruasi, kamu tidak perlu khawatir karena itu baik-baik saja. Ketika darah (alias lapisan rahim kamu) keluar dari tubuh, darah tersebut dapat mengeluarkan bau ini. Jika aroma ini mengganggu, kamu dapat mencoba menghilangkan aroma dengan menggunakan gel penyeimbang pH. Mereka dirancang untuk membuat vagina lebih asam dan memastikan bahwa bakteri penyebab bau tidak tumbuh dalam vagina kamu.

  • Sweet (Aroma Manis)

Meskipun belum ada ilmu yang membuktikan, tetapi kemungkinan besar makanan yang kamu konsumsi dapat memengaruhi rasa dan aroma vagina kamu. Buah-buahan seperti jeruk, nanas, dan anggur disebut-sebut dapat mempermanis aroma dan rasa cairan vagina.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/bau-vagina-tidak-biasa-berikut-adalah-artinya-waspadai-ya/

https://www.tampilcantik.com/merasa-tidak-pd-kan-jika-vagina-bau-makanya-segera-atasi-dengan-ini/

https://www.tampilcantik.com/8-tips-untuk-menjaga-kebersihan-dan-kesehatan-vagina/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Uji Trik Penurunan Berat Badan

Jika kamu mencari tips dan trik untuk diet,