Walaupun sering disangka sayuran, tahu nggak bahwa mentimun itu sebenarnya buah? Buah ini sangat kaya nutrisi serta antioksidan yang penting buat tubuhmu. Walaupun seringkali nampaknya buah ini hanya dijadikan sebagai sayuran pelengkap, sebenarnya mentimun memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaatnya?

Kaya Nutrisi

Mentimun sangat rendah kalori tapi kaya vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, K, magnesium, potasium, mangan, karbohidrat dan protein. Selain itu, mentimun juga kaya kandungan air. Jika kamu ingin mendapatkan nutrisi terbaik dari mentimun, kamu sebaiknya tidak mengupas kulitnya. Mengupas kulitnya akan mengurangi jumlah serat, serta beberapa vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah molekul-molekuk yang memblokir oksidasi, sebuah reaksi kimiawi yang membentuk atom-tom reaktif yang tidak berpasangan dengan elektron yang dinamai radikal bebas. Akumulasi dari radikal bebas ini  bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis, bahkan penyakit jantung, paru-paru, kanker, dan penyakit-penyakit autoimun. Buah dan sayur, termasuk mentimun, sangat kaya antioksidan yang bisa mengurangi resiko penyakit ini. Antioksidan yang dikandung oleh mentimn termasuk flavonoid dan tanin, yang menghalangi akumulasi radikal bebas berbahaya dan bisa mengurangi resiko penyakit kronis.

Menghidrasi Tubuh

Air sangat krusial untuk fungsi tubuhmu, karena memainkan berbagai peranan penting. Air terlibat dalam proses meregulasi suhu tubuh dan menyalurkan produk-produk buangan dan gizi. Hidrasi yang tepat bisa mempengaruhi semuanya mulai dari performa fisik hingga metabolisme. Sebagian besar orang mendapatkan cairan tubuh yang diperlukannya dari minum air atau cairan lain, tapi sebagian lain mendapatkan 40% cairan mereka dari makanan. Mentimun mengandung 96% air, sehingga sangat efektif untuk menghidrasi tubuh. Buah ini akan bisa membantumu meningkatkan kebutuhan cairan harian.

Membantu Mengurangi Berat Badan

Buah ini juga bisa secara potensial membantumu mengurangi berat badan dalam berbagai cara. Pertama, mentimun rendah kalori. Artinya, kamu bisa makan banyak mentimun tanpa kalori ekstra yang menyebabkan beratmu bertambah. Ketimun bisa menambahkan rasa segar pad asalad, sandwich, pecel, dan makanan-makanan lainnya.  Mentimun bisa digunakan untuk alternatif rendah kalori berbagai bahan makanan. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada buah ini juga bisa membantu mengurangi berat badan.

Bisa menstabilkan gula darah

Beberapa studi pada hewan menemukan bahwa buah hijau bisa membantu mengurangi level gula darah dan mencegah beberapa komplikasi terkait penyakit diabetes. Mentimun secara efektif dinilai bisa mengontrol level gula darah dalam tubuh kita. Meski demikian, bukti yang masih dimiliki oleh para ilmuwan hanyalah hasil studi hewan dan tes tuba. Karena itu, diperlukan riset lebih jauh tentang ini.

Mendorong BAB teratur

Mengkonsumsi buah ini bisa membantumu untuk buang air besar secara teratur. Penyebab terbesar dari konstipasi adalah dehidrasi, karena bisa merusak keseimbangan air dan membuat tinja susah bergerak keluar. Sedangkan buah kaya air ini bisa memenuhi kebutuhan airmu dan meningkatkan konsistensi tinja dan menghindarikan konstipasi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Manfaat Mengejutkan dari Minum Air Panas untuk Kulit Anda

Panas atau dingin, segelas air dapat bertindak sebagai