Faktanya, kesehatan mulut penting untuk menjaga kesehatan holistik. Kesehatan gigi, terutama gusi kita, sangatlah penting daripada yang kita bayangkan – kesehatan gusi kita dapat mempengaruhi kesejahteraan kita secara keseluruhan! Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan penyakit gusi cenderung lebih menderita kesulitan kardiovaskular tingkat lanjut seperti stroke atau serangan jantung dibandingkan dengan orang dengan kesehatan gigi yang baik.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, mulut Anda juga membentuk kumpulan bakteri, yang sebagian besar tidak berbahaya, tetapi ada juga yang dapat menyebabkan penyakit. Mulut kita adalah pintu masuk ke saluran pernapasan dan pencernaan, dan biasanya, kebersihan gigi yang optimal serta pertahanan alami seperti membersihkan gigi dengan benang dan menyikat gigi secara teratur akan membantu mengendalikan bakteri. Di sisi lain, jika Anda tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik, hal ini dapat menyebabkan penyebaran bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi gigi seperti gangguan gusi. Penyakit gusi dan pembengkakan gusi sering terjadi ketika plak gigi menumpuk di sekitar email seseorang. Terdapat hampir ribuan bakteri dalam plak gigi, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan radang gusi, gigi berlubang, atau periodontitis. Hal ini mungkin membuat seseorang rentan terhadap penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Diabetes

Ada hubungan kuat antara diabetes dan penyakit gusi. Penyakit periodontal muncul ketika gusi menjauh dari email sehingga menimbulkan kantong-kantong kecil. Potongan makanan bisa tersangkut di saku, dan kuman yang ada di mulut bisa menimbulkan racun yang memperburuk gusi, sehingga memicu pembengkakan. Jika tidak diobati, jaringan dan tulang yang didukung oleh enamel akan rusak. Penderita diabetes memiliki tingkat penyembuhan yang lamban karena sistem kekebalan tubuh mereka tidak sehat. Ada lebih banyak penghentian jaringan periodontal karena keadaannya tidak kunjung sembuh. Mereka yang menderita tingkat periodontitis yang lebih tinggi cenderung memiliki tingkat HbA1C yang lebih tinggi, yaitu suatu bentuk hemoglobin terkait glukosa yang digunakan untuk mengukur seberapa baik pengendalian diabetes. Penting bagi penderita diabetes untuk menjadikan kesehatan mulut sebagai prioritas. Mempertahankan kadar glukosa darah secara lateral dengan perawatan gigi yang baik dan pemeriksaan mulut yang tepat waktu dapat membantu mencegah masalah gigi yang berhubungan dengan diabetes.

Penyakit Pembuluh Darah

Jenis plak lain, yang terdiri dari kalsium, kolesterol, lemak, dan zat darah lainnya, dapat menumpuk di dalam arteri, suatu kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis. Plak ini dapat menyebabkan penyakit arteri koroner yang dapat mempersempit atau membatasi aliran darah ke jantung.

Endokarditis Infektif

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang memasuki aliran darah dan mencemari jantung. Bakteri ini bahkan mungkin berkembang biak dan berasal dari mulut. Orang dengan penyakit gusi lebih rentan terkena serangan jantung dan penyakit kardiovaskular serius lainnya. Penyakit periodontal, yang ciri khasnya adalah nyeri pada gusi dan bakteri dapat menyebabkan penyempitan arteri vital sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Menjaga kesehatan gigi dengan membersihkan gigi dengan benang sekali sehari dan menyikat gigi dua kali dapat membantu mengobati penyakit gusi tahap awal, yang dikenal sebagai gingivitis. Jika dibiarkan, gingivitis dapat menyebabkan penyakit periodontal, menyebabkan gusi surut dan, pada akhirnya, dapat menyebabkan gigi kendor dan tanggal.

Agar seseorang dapat mempertahankan gaya hidup sehat, kesehatan mulut juga harus diperhatikan. Menjaga kebersihan gusi tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan mulut yang luar biasa, tetapi juga kesehatan holistik.

Baca Juga :

Cara Mengusir Semut: 7 Cara Tidak Beracun Untuk Mengatasi Semut Di Rumah, Dapur, dan Kebun

Pengusir Serangga Alamiah Ini Ga Kalah Efektif Sama Obat Pembunuh Nyamuk, Loh

Bingung Gimana Caranya Mengusir Kecoa di Rumah? Lakukan Berbagai Langkah-Langkah Mudah Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Manfaat Carb Cycling Untuk Diet Anda

Makan, atau tidak, itulah dilema dengan karbohidrat –