Liburan panjang memang mengasyikkan, tapi setelah tanggal merah usai baru terasa akibatnya pada angka tabungan. Terlebih jika kamu memilih untuk pergi ke luar negeri atau destinasi eksotis lainnya. Walaupun sudah berhemat, uang yang dihabiskan bisa-bisa membuat kamu menyesal di akhir liburan. Karena itu, menabung jauh-jauh hari untuk berlibur sangatlah perlu. Selain membebaskan kamu dari rasa bersalah karena sudah berfoya-foya, kamu juga bisa mengatur budget liburanmu lebih cermat. Jika kamu orang yang susah menabung atau tidak bisa mengatur keuangan dengan cermat, cara ini bisa membantu mengatasi kelemahanmu dan bahkan bisa membawamu ke destinasi impian yang selama ini sepertinya tidak terjangkau.

1. Menabung dalam jumlah kecil

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, peribahasa ini sudah teruji efektif untuk menabung. Jika keuanganmu sering mepet di akhir bulan, lebih baik kamu menabung sedikit demi sedikit setiap hari. Jumlahnya tidak perlu terlalu besar, cukup disesuaikan dengan kantong dan kebutuhan. Anggap saja kamu menyisihkan Rp. 5000 setiap hari, maka dalam satu bulan saja kamu sudah menyimpan Rp. 300.000, dan dalam setahun kamu mungkin sudah bisa jalan-jalan ke luar kota.

2. Membuat rekening khusus

Jika kamu takut uang yang sudah kamu sisihkan terpakai untuk keperluan mendadak, tidak ada salahnya membuat rekening khusus untuk liburan. Terutama jika kamu berambisi mengunjungi tempat yang cukup jauh dan mahal seperti Raja Ampat atau bahkan ke luar negeri. Bisa juga menitipkannya kepada orang yang benar-benar kamu percayai sehingga tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Yang penting kamu berkomitmen dengan jumlah uang yang kamu sisihkan dan tidak memaksakan diri.

3. Mengorbankan kesenangan kecil

Jika kamu sangat gemar hangout di kafe terkenal setiap weekend atau minum kopi berkualitas, korbankan budget satu minggu dalam sebulan untuk masuk ke tabungan liburan. Bisa juga dengan berhemat membawa bekal makan siang ke kantor beberapa hari dalam seminggu atau naik angkutan kota sesekali. Kesenangan dan kenyaman tersebut jika dikorbakan setiap hari untuk berlibur akan terasa berat, namun jika hanya sesekali bisa jadi selingan dan menyegarkan. Yang penting jangan lupa mengalihkan porsibuang yang sudah kamu hemat ke dalam budget yang sudah kamu rencanakan.

4. Mengajak semua yang terlibat

Tantangan keuangan lainnya dalam menikmati liburan adalah memastikan semuabirang yang ikut memiliki budget yang sama. Terutama jika kamu merencanakan liburan bersama keluarga yang mungkin tidak berpenghasilan sebesar kamu. Jika harus jadi sponsor utama, pastinya akan membawa dampak yang cukup terasa pada simpanan. Dalam situasi seperti ini, ajaklah seluruh anggota keluarga untuk menabung kecil-kecilan, bahkan mereka yang masih sekolah. Cukup menyisihkan sebagian kecil uang saku setiap hari agar setidaknya mereka juga punya bekal untuk liburan.

Baca juga Masih Mau Menunggu Hingga Dewasa Dulu Buat Travelling? Alasan Ini Bakal Mengubah Sudut Padang Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita