Pernahkah kamu menyadari bahwa suara kamu di voice note sangat berbeda dengan suara asli kamu? Atau teman kamu pernah mengatakan bahwa suara kamu berbeda saat kamu sedang berbicara dengan gebetan kamu dibandingkan dengan saat kamu berbicara dengan teman kamu?

Ada kalanya, seseorang menyadari bahwa suara mereka terdengar berbeda dari biasanya. Entah itu pria maupun wanita, semuanya mengalami hal ini. Suara bisa lebih tinggi ketika kamu berbicara dengan orang asing dan ketika kamu ingin menghindari kemungkinan konfrontasi saat berada di tempat kerja dikelilingi oleh orang-orang penting.  Nah, faktanya adalah perubahan suara ini merupakan sebuah mekanisme alam bawah sadar yang dimiliki tubuh kita, dan setiap perubahan suara memiliki makna tertentu di baliknya.

Untuk membantu kamu memahami mengapa suara kamu bisa berubah-ubah pada saat tertentu, berikut adalah daftar kemungkinan kejadian paling umum tentang perubahan suara beserta alasannya :

  • Suara berubah saat berbicara dengan orang asing

Ketika kita berbicara dengan orang asing, suara kita mungkin terdengar lebih tinggi dan bahkan terdengar seperti anak kecil atau babyish.  Hal ini terjadi karena jika kita berbicara seperti ini, kita dianggap memiliki sikap yang ramah dan tidak mengancam. Tentu saja saat kita melakukan kontak pertama, atau obrolan pertama, kita ingin bersikap seramah mungkin pada orang lain.

  • Suara berubah di lingkungan bisnis

Biasanya, saat kita berada di lingkungan kerja, kita ingin dianggap serius dan dihormati oleh orang lain. Menghilangkan nada suara atau merendahkan nada suara merupakan salah satu trik yang kita gunakan untuk mendapat pengakuan dari orang lain dan dihormati di lingkungan bisnis.  Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dengan nada vokal yang lebih dalam dianggap lebih dominan daripada orang lain.

  • Suara berubah saat berbicara dengan teman dekat

Jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu dengan seseorang, seperti sahabat kamu, misanya, maka kalian berdua cenderung terdengar serupa. Fenomena ini disebut konvergensi fonetik dan bisa juga diamati di antara anggota keluarga. Kamu terpengaruh dengan gaya bicara dan nada bicara teman kamu, begitu pula sebaliknya. Suara kalian menjadi serupa dan tentu saja nada suara kalian akan menyesuaikan dengan topik apa yang sedang kalian bicarakan.

  • Suara berubah saat direkam
Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Suara rekaman kamu bisa sangat berbeda dari suara yang kamu dengar setiap hari. Hal ini terjadi karena ketika kita mendengar diri kita sendiri secara normal, suara kita pun dilakukan oleh sistem pendengaran kita, sedangkan ketika orang lain mendengar kita, mereka hanya mendengar suara kita yang bergetar di udara.

  • Suara berubah saat kita sedang terguncang

“Terguncang” secara emosional dapat dikaitkan dengan gangguan kecemasan dan stres. Perasaan ini dapat mengubah suara seseorang.  Suara menjadi lebih gelisah, pengucapan menjadi buruk, dan nada suara juga cenderung lebih tinggi. Itulah yang biasa terjadi pada situasi yang tidak stabil.

Nah, bagaimana dengan kamu?

Situasi seperti apa saja yang membuat suara kamu berubah?

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/ternyata-ini-alasan-mengapa-sekarang-banyak-cowok-yang-mengecat-kuku/

https://www.tampilcantik.com/6-alarm-cahaya-cantik-yang-anti-kaget-dan-anti-panik-untuk-bangun-pagi/

https://www.tampilcantik.com/tanya-jawab-seputar-virus-corona-covid-19-dari-world-health-organisation-who/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Tips & Trik Mencuci Pakaian dengan Mudah

Mencuci pakaian adalah aktivitas harian yang bisa jadi