Salah satu cara yang dapat dilakukan agar kulit tetap sehat adalah dengan menggunakan produk perawatan kuliy. Sayangnya, walaupun telah menggunakan beragam rangkaian produk perawatan kulit, seringkali kulit justru tidak membaik.

Alasan mengapa kulit tak kunjung membaik adalah karena produk yang tidak bekerja maksimal pada kulit. Penyebabnya juga beragam, mulai dari perubahan cuaca, penyimpanan produk yang tidak benar, hingga adanya konsumsi obat-obatan. 

Penyebab atau faktor paling umum kenapa skincare rutin kamu tidak bekerja secara efektif biasanya karena jenis kulit yang dimiliki. Lain orang, lain juga jenis kulitnya. Baik itu perempuan ataupun laki-laki. Setiap jenis kulit memiliki perawatan tersendiri yang memang ditujukan untuk jenis kulit tersebut. Pada umumnya, jenis kulit dibagi menjadi empat bagian, berikut selengkapnya.

Kulit Normal

Jenis kulit normal bisa dilihat secara fisik memiliki pori-pori kecil, warna kulit cerah dan tidak terlalu sensitif pada paparan sinar UV serta debu. Jadi ketika beraktivitas berat di bawah terik matahari dan debu yang berterbangan di tempat out door, pemilik jenis kulit normal tidak akan mengalami wajah kemerah-merahan atau iritasi.

Pemilik jenis kulit normal biasanya kulit wajahnya tidak berminyak dan juga tidak terlalu kering. Jika berminyak pun hanya pada area tertentu. Sebut saja T-zone, yaitu area hidung, dahi dan dagu. Daerah kening juga terkadang memiliki minyak berlebih pada pemilik jenis kulit normal. Untuk jenis kulit normal, kamu bisa menggunakan produk skincare yang ringan sehingga ph kulit tetap terjaga. Jika salah memilih sabun muka, akibatnya malah akan membuat kulit normal menjadi kesat dan cenderung kering.

Kulit Berminyak

Jenis kulit yang satu ini rentan memiliki komedo dan juga jerawat. Bagi pemilik jenis kulit berminyak harusnya lebih hati-hati lagi dalam menjaga pola makan dan tidur. Terkadang salah makan dan kurang tidur bisa menyebabkan wajah menjadi mengkilap penuh minyak. Apalagi ditambah dengan hormon yang tidak stabil akibat stress, kulit wajah akan penuh dengan tumpukan minyak yang harus sering-sering dibersihkan.

Pentingnya memilih skincare untuk kulit berminyak tetap harus memperhatikan bahan aktif yang terkandung di dalam produk skincare incaran. Carilah produk seperti pelembab yang oil-free agar tidak terjadi penumpukan minyak pada wajah. Gunakan juga cleanser atau pembersih wajah yang lembut. Jangan keseringan mencuci wajah dengan tujuan untuk mengurangi minyak. Hal ini malah akan mendatangkan hal sebaliknya.

Kulit Kering

Permasalahan yang dimiliki oleh pemilik jenis kulit kering biasanya berlawanan dengan jenis kulit berminyak. Jika pada kulit berminyak, wajah akan terlihat mengkilap, pada jenis kulit kering, wajah justru sering nampak kusam. Selain kusam, garis halus dan keriput juga cenderung menonjol. 

Bagi kamu pemilik jenis kulit kering harusnya berhati-hati dalam menggunakan sabun pencuci wajah atau cleanser. Menggunakan skincare yang mengandung alkohol malah akan memperparah keadaan kulitmu. Bahkan bisa iritasi hingga mengelupas. Cobalah produk skincare seperti face wash yang mengandung pelembab. Untuk membersihkan make up, alangkah baiknya memakai make up remover yang menggunakan bahan dasar oil. Produk-produk tersebut akan menjaga kulit keringmu jauh dari iritasi.

Jika kamu sudah mengetahui jenis kulit yang kamu miliki dan wajah tetap terlihat kusam selama perawatan, segera tinggalkan produk yang mungkin tidak cocok untuk jenis kulitmu. 

Baca Juga :

Cara Mengatur Pengeluaran Bagi Pecinta Skin Care

Tips Skin Care ala Sara Ali Khan

Ini Dia! Urutan Skin Care Malam Yang Tepat Untuk Hasil Yang Maksimal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya