Apakah kamu pernah mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan tentang para pria yang tidak bisa mendengarkan wanita yang berbicara? Baik itu ayah, pacar, saudara laki-laki, atau teman laki-laki kita, semua pasit pernah mengalami pengalaman yang membuat wanita tahu bahwa seorang pria adalah pendengar yang buruk. 

Ketika wanita berbicara atau bercerita, pria cenderung bersikap seolah-olah dia tidak tertarik dengan pembicaraan wanita. Bagaimana wanita bisa tahu? Tentu saja, wanita memperhatikan bagaimana reaksi para pria saat mereka berbicara. Pria cenderung terlihat malas, terlihat bosan, terlihat tidak mendengarkan, tidak bereaksi apa pun, dan terkadang tidak menangkap poin pembicaraan wanita. 

Apa kamu berpikir bahwa dia hanya bosan? Tidak! Hal itu bukan karena pria merasa bosan, tetapi rata-rata pria memang sulit untuk mendengarkan wanita. Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ada beberapa alasan mengapa pria mengalami kesulitan menjadi seorang pendengar, apalagi saat mendengarkan wanita. Tampaknya, otak pria mendengar suara wanita dengan cara yang berbeda, jadi mungkin kali ini kita bisa memaafkan mereka, ladies.

Berikut ini adalah beberapa kumpulan fakta tentang bagaimana respons otak pria terhadap suara wanita dan bagaimana keterampilan para pria dalam hal mendengarkan wanita :

  1. Suara wanita membuat otak pria bekerja lebih keras

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria memiliki reaksi yang berbeda terhadap suara wanita. Di sisi lain, secara umum para pria memiliki sedikit aktivitas di beberapa bagian otak mereka ketika terdapat pria lain yang berbicara para mereka. Faktanya, otak pria harus bekerja lebih keras untuk menguraikan dan memahami apa yang dikatakan wanita. Artinya, pria lebih sulit memahami makna dan emosi dari apa yang dikatakan wanita. Tapi pria cenderung lebih mudah memahami makna dan emosi dari apa yang dikatakan oleh sesama pria.

  1. Suara wanita dianggap kurang berwibawa

Kamu tentu sudah tahu bahwa ukuran pita suara dan laring seorang wanita itu penting karena orang yang bernada tinggi, terkadang dianggap kurang serius. Faktanya, penelitian membuktikan bahwa orang cenderung lebih mempercayai orang-orang yang memiliki suara renda, terutama dalam peran kepemimpinan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa pria mungkin tidak mendengarkan wanita dengan serius seperti halnya mereka mendengarkan teman-teman sesama pria.

  1. Suara wanita lebih kompleks

Perbedaan antara suara wanita dan pria sangat penting di sini. Saat wanita berbicara, mereka menggunakan lebih banyak variasi suara daripada saat pria berbicara. Ketika berbicara, suara para wanita cenderung terdengar lebih merdu. Faktor variasi dan cara wanita berbicara mungkin menyulitkan otak pria untuk merespons dan memahami secara cepat tentang apa yang dikatakan wanita, karena masih banyak hal yang perlu diuraikan dari pembicaraan tersebut.

  1. Fakta bahwa wanita lebih banyak berbicara daripada pria… adalah MITOS

Stereotip tentang wanita lebih banyak berbicara daripada pria adalah mitos belaka. Menurut penelitian, pria dan wanita berbicara dalam jumlah yang hampir sama dan konteksnya  pun sama pentingnya. Penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa keadaan, pria bisa berbicara lebih banyak daripada wanita, dan di situasi lain, wanita bisa lebih banyak berbicara daripada pria. Jadi mungkin inilah saatnya untuk menyingkirkan stereotip tentang wanita cenderung lebih banyak bicara daripada pria.

Baca Juga : 

5 Tanda Bahaya Hubungan yang Renggang dengan Pasangan

5 Tanda Kamu Terjebak Toxic Relationship

4 Tipe Toxic Relationship yang Harus Segera Diakhiri

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

11 Jenis Pelukan dan Apa Artinya Tentang Hubungan Kamu

Menurut para ilmuwan, pelukan membawa banyak manfaat seperti