Sudahkah kamu memeluk anak kamu hari ini?

Tentu kamu sudah tahu bahwa pelukan membuat kita merasa baik. Tapi selain membuat kita merasa lebih baik, ternyata pelukan membawa banyak manfaat lain, terutama dalam hal perkembangan anak. Mari pelajari ilmu tentang pelukan dan pelajari hal-hal positif apa saja yang bisa kita dapatkan dari pelukan!

  • Pelukan membuat anak-anak bahagia.
12 Manfaat Mengasuh Anak Dengan Pelukan - Ibupedia

Dampak psikologis dari pelukan sangat luar biasa. Pelukan tidak hanya meningkatkan harga diri anak dan meningkatkan rasa perasaan percaya diri, tetapi juga membantu anak untuk tetap optimis. 3 sumber psikologis ini (harga diri, kepercayaan diri, dan optimisme) saling terkait dan membuat anak merasa dicintai dan bahagia.

  • Pelukan mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan empati.

Memeluk membantu kamu dan anak kamu terlibat dalam momen “saat ini”, menyelami bagaimana perasaan kalian berdua secara emosional dan psikologis. Pertukaran energi dengan berpelukan menunjukkan kepada anak kamu nilai empati. Karena itu, pelukan adalah pelajaran yang baik untuk menunjukkan kepada anak-anak kamu apa arti berempati dengan orang lain dan mencintai orang lain.

  • Pelukan membantu menghentikan amarah

Memberikan pelukan pada anak kamu, tidak berarti bahwa kamu menyerah, melainkan sebaliknya. Memeluk anak yang marah akan membantu mereka untuk mengatur diri sendiri. Oksitosin (hormon cinta) akan menguasai diri kamu dan membantu menenangkan anak dengan meredakan kecemasan. Selain itu, pelukan membantu mengatasi konflik di antara pasangan.

  • Pelukan membantu anak-anak tumbuh

Mungkin terdengar aneh, tapi nyatanya memeluk anak kamu secara teratur dapat membantu mereka tumbuh. Para ilmuwan telah menemukan bahwa tubuh anak-anak berhenti tumbuh secara normal jika mereka kehilangan sentuhan sensorik, khususnya sebuah pelukan. Terlepas dari kenyataan bahwa anak-anak mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi penting lainnya secara teratur, sentuhan sensorik masih sangat diperlukan dalam pertumbuhan.

Penjelasan untuk fenomena ini cukup sederhana: Hormon khusus, oksitosin (juga dikenal sebagai hormon cinta), dilepaskan ketika orang berpelukan. Hormon ini membawa banyak efek positif bagi tubuh kita, salah satunya adalah stimulasi pertumbuhan. Ketika dilepaskan, hormon ini juga akan meningkatkan dorongan hormon pertumbuhan lainnya, yang tentu saja akan mendorong pertumbuhan anak kamu.

  • Pelukan membantu anak-anak tetap sehat.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hormon oksitosin, yang dilepaskan selama pelukan, memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh. Salah satunya adalah membantu anak kamu tetap sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Hormon oksitosin juga mendorong penyembuhan luka lebih cepat dan membantu mengurangi peradangan. Ini juga akan membantu mereka mengatasi tekanan sosial dan malsaha lain yang mungkin dihadapinya.

  • Pelukan menciptakan ikatan yang kuat antara anak dan orang tua.

Pelukan mampu meningkatkan kepercayaan yang merupakan elemen penting dalam membangun hubungan antara anak-anak dan orang tua. Oksitosin membantu mengurangi perasaan takut, gelisah, dan emosi negatif lainnya. Hormon ini akan meningkatkan kesiapan anak untuk mengambil risiko dan mempercayai orang lain. Ini juga meningkatkan perasaan aman dan memperkuat ikatan antara orangtua dengan anak.

Bagaimana? Menarik bukan?

Sekarang, peluklah orang-orang terkasih di sekitarmu, terutama anak kamu.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/7-manfaat-pelukan-bagi-kesehatan/

http://www.tampilcantik.com/tips-anti-gagal-buat-menarik-cowok-agar-jatuh-ke-pelukanmu/

http://www.tampilcantik.com/privasi-atau-ruang-pribadi-sebelum-dan-sesudah-pandemi-covid-19/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Standar Ganda yang Sering Dihadapi Para Wanita

Standar ganda adalah alasan bagi berbagai penderitaan yang