Putus cinta adalah masa-masa yang sulit. Orang yang biasa membuat hatimu berdebar setiap telepon dan mengirim pesan sudah tidak lagi muncul di pemberitahuan pada handphone-mu. Orang yang biasanya menyambut dan memelukmu saat bertemu, kini menjadi canggung bahkan enggan untuk menunjukkan diri di sekitarmu.

Setiap orang yang putus cinta mungkin pernah memikirkan untuk kembali ke mantan pacar dan memulai hubungan dari nol. Namun, sebelum kamu melakukan itu, coba pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal penting berikut ini:

  1. Renungkan hubungan kamu

Sebelum kamu membuat kesalahan dengan datang ke rumah mantan untuk minta balikan, sebaiknya kamu luangkan waktu untuk merenungkan hubungan kamu terlebih dahulu. Jangan fokus untuk mengejar cinta yang sudah hilang, coba lihatlah di dalam dirimu, apa yang membuatmu putus dengan dia, hal apa yang membuatmu tidak suka padanya, dan apa yang kamu inginkan saat menjalin hubungan. 

Dengan cara ini, kamu akan mampu memutuskan apakah kamu memang harus mencoba balikan dengannya atau segera move on untuk mencari pasangan yang tepat.

  1. Bersikaplah realistis

Setelah merenungkan mengapa hubunganmu berakhir dengan mantan, coba kamu lihat realita yang saat ini terjadi. Sesekali kamu boleh memperhatikan bagaimana kondisi mantan kamu. Jika dia tidak banyak berubah, terlebih jika dia masih sama seperti saat kamu memutuskan untuk putus dengannya, maka pikirkan lagi tentang keinginanmu untuk balikan.

Ingatlah bahwa memiliki cinta atau perhatian yang tersisa untuk mantan itu sangatl wajar. Tapi, sisa cinta dan perhatian itu bukan berarti kamu harus kembali padanya. Jika kamu masih memiliki prinsip yang sama seperti saat kamu putus dengannya, dan dia belum juga berubah, maka kemungkinan besar masalah hubunganmu akan terulang lagi setelah kamu balikan nanti.

  1. Adaptasi dengan hidup baru tanpa mantan sebelum memutuskan balikan

Kamu mungkin merasa kesepian setelah putus cinta, terutama ketika kamu ingin pergi di akhir pekan atau ingin menjajaki kuliner di kotamu. Ketika hal itu terjadi, cobalah untuk beradaptasi dengan kehidupan tanpa matan.

Manfaatkan waktu ini untuk mengenal diri sendiri lebih baik. Cari tahu lagi tentang hobi terpendammu, berkumpul dengan teman-teman, mempelajari banyak hal dan membaca buku, serta lakukan hal lain yang dulu tak bisa kamu lakukan karena mantan. 

  1. Beri waktu untuk mantan kamu

Setelah putus, jangan terburu-buru mengejar mantan kamu. Sebaliknya, berikan waktu untuknya agar dapat merefleksikan hubungan kalian. Sama seperti kamu yang mungkin merasa kesepian tanpanya, dia pun kemungkinan besar juga merasa kesepian dan justru akan mulai menyadari betapa berharganya kehadiranmu.

Dengan cara ini, ada kemungkinan mantan pasangan kamu akan mengevaluasi diri, menyadari kesalahan yang dia lakukan, dan mencoba kembali padamu. Jika dia justru berbuat sebaliknya dan menemukan orang baru, maka bersyukurlah karena semesta memberimu tanda bahwa dia memang bukan untukmu. 

  1. Jangan jadikan balikan sebagai kompetisi 

Menjadikan momen balikan dengan mantan sebagai kompetisi atau taruhan bukanlah sesuatu  yang sehat untuk hubungan, baik itu untukmu maupun untuk pasangan. Jika kamu dan pasangan memang ingin kembali bersama, kalian harus bersepakat untuk fokus memperbaiki hubungan, bukan fokus mencari siapa yang paling salah dan siapa yang paling benar. Jika fokus kalian sudah tidak sehat, maka itu hanya akan menjadi bukti bahwa sejak awal kalian tidak seharusnya kembali bersama.

Baca Juga :

Mantan Minta Balikan Padahal Dia Dulu yang Ninggalin Kamu dengan Kejam? Terima Lagi Ga, Ya?

4 Tipe Mantan dan Kemungkinan Balikan Dengan Si Dia, Kamu Termasuk yang Mana?

Tipe Mantan yang Seperti Apakah Kamu Berdasarkan Zodiak?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal Ini Wajib Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Punya Anak 

Tahukah kamu, ada pepatah mengatakan “Tidak pernah ada