Makanan berwarna hitam adalah makanan super baru. Ketika Anda memikirkan warna di piring Anda, pernahkah Anda memikirkan warna hitam? Nah, inilah saatnya Anda melakukannya karena ini adalah makanan berkekuatan baru. Kita semua tahu bahwa sayuran hijau, kuning, dan merah kaya akan nutrisi – begitu juga dengan warna hitam yang jarang dibicarakan!

Apa Itu Makanan Hitam?

Makanan dengan pigmen yang disebut antosianin dikenal sebagai makanan berwarna hitam. Antosianin ditemukan dalam makanan berwarna hitam, biru dan ungu dan memiliki banyak nutrisi dan manfaat tersembunyi. Pigmen ini kaya akan sifat antioksidan yang meningkatkan kesehatan dan berpotensi mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan stroke. Mereka memainkan peran besar dalam imunitas. Mereka menyenangkan, sehat, dan unik dan juga merupakan suguhan visual yang bagus. Mari kita lihat beberapa hal menarik dan manfaatnya.

Beras Hitam

Dibudidayakan di kawasan Asia Tenggara- beras ini memiliki rasa pedas dan dapat digunakan dalam banyak resep. Di Tiongkok, pada zaman dahulu, nasi ini dikenal sebagai nasi terlarang karena hanya diperuntukkan bagi keluarga kerajaan. Kini, beberapa wilayah di India Timur Laut juga menanam beras hitam. Mereka sarat dengan lutien dan zeaxanthin dan meningkatkan kesehatan mata. Mereka memiliki khasiat melawan kanker karena kandungan anti-oksidan dan seratnya yang tinggi. Mereka dapat digunakan dalam puding, tumis, risotto, bubur, mie, dan roti dan bahkan bisa menjadi ide bagus untuk membuat kheer yang enak!

Zaitun Hitam

Dengan adanya pengaruh barat pada kebiasaan makan kita, hal ini telah membawa daftar panjang makanan yang baik. Zaitun adalah salah satunya dan rasanya serbaguna. Mereka dapat ditambahkan ke salad, pasta, tumisan kentang goreng, dan beberapa acar serta minuman juga. Zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, Polifenol dan oleocanthal. Ini adalah senyawa antiinflamasi dan pereda nyeri kuat yang ditemukan dalam buah zaitun. Makanan kecil penuh energi ini dapat melindungi arteri Anda dari penyumbatan, menjaga kesehatan mata, mencegah kerusakan DNA, dan meningkatkan kesehatan kulit dan juga kesehatan rambut.

Biji Wijen Hitam

Biasa dikenal dengan sebutan habatusaudah, memiliki segudang manfaat, kaya akan serat, protein, magnesium, potasium, zat besi, kalsium, seng, tembaga, selenium, dan vitamin E. Biji wijen juga mengandung sesamin yang membantu mengurangi peradangan. dan memainkan peran penting dalam nyeri sendi. Ya! Semua itu dalam tunjangan harian 1-2 sendok teh dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda. Mereka dapat digunakan dalam salad sebagai hiasan, laddoo, roti, smoothie, sup, hummus, saus, dan bahkan tahini. Mereka dapat dikonsumsi dengan direndam, bertunas, dipanggang atau dipanggang juga.

Anggur Hitam

Dikenal karena rasanya yang manis dan rasanya yang populer, anggur hitam menjadi favorit banyak orang. Buah musiman ini memiliki segudang manfaat yang bisa kita dapatkan. Anggur hitam mengandung lutein, zeaxanthin, yang mencegah kerusakan retina dan degenerasi makula. Resveratrol dalam anggur diketahui memiliki sifat anti kanker dan memiliki efek perlindungan yang sangat besar pada kesehatan jantung dengan juga menurunkan kadar LDL. Proanthocyanidins yang terdapat pada buah ini juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Gunakan anggur ini dalam salad, smoothie, selai, dan bahkan nasi dadih yang enak!

Bawang Putih Hitam

Ya, Anda tidak salah dengar. Warna ini tidak ditemukan secara alami, namun warna ini berkembang melalui proses yang mengubahnya menjadi hitam dan digunakan secara luas dalam masakan Asia. Ini adalah bawang putih putih biasa yang telah difermentasi atau dituakan. Ini memiliki kekayaan karamel dan gurih yang menambah rasa pada tumisan, daging panggang, olahan nasi dan mie, serta sup. Ini memiliki sifat yang mencegah kerusakan sel dan karenanya melindungi kita dari kanker. Bawang putih hitam mengandung lebih banyak anti-oksidan [hampir 2X] dibandingkan bawang putih putih.

Makanan punggung umum lainnya adalah: Buah ara hitam, jamur hitam, blackberry, kentang hitam, blackcurrant, kismis hitam, lada hitam, dan kacang hitam. Dan daftarnya terus bertambah.

Pro Dan Kontra Menambahkan Makanan Hitam Dalam Rencana Makan Anda

Keuntungan: Seperti disebutkan di atas, produk ini memiliki segudang manfaat seperti anti kanker, anti penuaan, juga baik untuk kesehatan mata, jantung, kulit dan rambut.

Kekurangan: Tidak ada yang khusus. Tidak ada toksisitas nyata terkait dengan makanan ini yang dilaporkan dan dianggap aman secara umum, namun selalu ingat, terlalu banyak makanan bukanlah aturan dalam nutrisi.

Hal yang perlu diingat: Selalu pastikan Anda memiliki pola makan seimbang yang mencakup semua kelompok makanan, berbagai warna, nutrisi, dan variasi – Jadi pilihlah makanan ini secukupnya dan masukkan ke dalam rencana makan harian Anda dengan bantuan ahli gizi.

Baca Juga :

Anda Akan Terkejut Melihat Betapa Ampuhnya Makanan Kehamilan Ini

Anda Akan Terkejut Melihat Betapa Ampuhnya Makanan Kehamilan Ini

Makanan Untuk Dikonsumsi dan Dihindari untuk Diet Kentang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

13 Makanan Yang Membantu Meningkatkan Metabolism Anda Menurut Ahli Gizi (Bagian II)-end

Metabolisme tubuh adalah proses kimia dimana tubuh ajab