Kamu sedang ingin belajar meditasi?

Mungkin sekarang adalah waktu yang sangat tepat untuk memulainya. Keadaan begitu sulit dan membuat banyak orang frustrasi karena berbagai perubahan akibat dampak pandemi virus COVID-19. Wajar saja jika kamu merasa cemas, merasa tidak produktif, merasa bosan, merasa tersiksa, dsb. Mediasi bisa menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi perasaan-perasaan tersebut.

Sesuatu yang kamu butuhkan untuk memulai meditasi adalah pengetahuan tentang beberapa teknik pemula dan mungkin musik atau podcast panduan meditasi jika kamu menginginkannya. Berikut adalah daftar teknik meditasi untuk pemula yang perlu kamu pelajari

  • Mengetuk
Cara Untuk Duduk Saat Belajar Bermeditasi - Pelecut Semangat

Teknik __ didasarkan pada akupresur dan psikologi. Ayurveda India selama ribuan tahun telah berbicara tentang titik-titik Marma, yaitu area vital dalam tubuh yang ketika diberikan jenis tekanan tertentu, dapat melepaskan racun dan memungkinkan pertumbuhan sel baru. Berikut adalah langkah-langkah teknik __ :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah berkonsentrasi pada emosi negatif kamu. Cobalah untuk fokus pada rasa takut, khawatir, atau masalah yang membebani kamu.
  • Sambil menahan emosi tersebut, gunakan ujung jari kamu untuk mengetuk lima hingga tujuh kali pada sembilan titik meridian tubuh tertentu.
  • Ketukan tersebut dapat membantu menenangkan sistem saraf dan memberikan perasaan lega dan aman.

Teknik ini sering dilakukan dengan bimbingan seorang terapis yang berpengalaman. Kamu juga dapat memulai dengan menonton video, mendengarkan podcast atau mengunduh aplikasi meditasi seperti The Tapping Solution.

  • Meditasi Suara

Ketika ingin bermeditasi, terkadang yang kamu butuhkan adalah speaker untuk mendengarkan musik. Daripada membaca daftar langkah-demi-langkah teknik rumit, kamu dapat memanfaatkan media-media suara dan melakukan meditasi suara sendiri.

Kamu harus memilih sesuatu yang menenangkan, dan mungkin suara-suara tanpa vokal. Berkonsentrasilah pada musik yang terasa menggembirakan dan membuat kamu nyaman, sehingga menciptakan kondisi pikiran yang lebih harmonis. Ketika kita mengembangkan rasa penyembuhan batin, kita menjadi lebih sadar akan disonansi dan dapat menyelaraskannya dengan suara positif, dengan pikiran yang positif pula.

  • Pemindaian Tubuh

Meditasi pemindaian tubuh yang ideal bisa terasa seperti kamu sedang pergi ke spa yang menenangkan. Apakah kamu tahu bagaimana kamu secara fisik dapat merasakan sakit, sedih, dan stres emosional?  Nah, pemindaian tubuh membantu mengatasi hal itu.  Berikut adalah langkah-langkah pemindaian tubuh yang dapat kamu lakukan :

  • Berbaringlah di permukaan yang nyaman, seperti di atas matras yoga atau permadani
  • Tutuplah matamu, ambil napas dalam-dalam beberapa menit untuk menenangkan diri
  • Saat kamu siap, konsentrasikan seluruh energi kamu ke kaki
  • Visualisasikan setiap area tubuh yang terasa tidak nyaman
  • Kemudian tarik napas dalam-dalam ke kaki kamu, singkirkan rasa sakitnya, sadari luka kamu
  • Kemudian naik, dari kaki kamu, ke pantat, lengan, punggung, dan sepanjang bagian atas kepala kamu
  • Lakukan 15 sampai 20 menit sehari. Jika dirasa sulit untuk melakukannya,  satu-satunya jalan keluar adalah mulai dari hal kecil. Kamu bisa atur waktu 2 menit kemudian bangun.

Itulah tiga teknik meditasi untuk pemula yang dapat membantu kamu memulai belajar meditasi di rumah.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/siapa-bilang-meditasi-harus-indoor-ini-dia-buktinya/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-begini-manfaat-meditasi-menurut-sains-nggak-pengen-coba/

http://www.tampilcantik.com/otak-kamu-bisa-menyusut-karena-stres-tetapi-kamu-bisa-menghentikannya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Standar Ganda yang Sering Dihadapi Para Wanita

Standar ganda adalah alasan bagi berbagai penderitaan yang