Olahraga untuk menurunkan berat badan sebenarnya tidak melulu harus pergi ke gym, jogging di jalan atau di lapangan. Kamu bisa berolahraga di rumah dengan atau tanpa alat. Beberapa kegiatan di bawah ini cocok dilakukan bagi kamu yang enggan pergi ke luar rumah untuk berolahraga. Jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini bisa membakar kalori ekstra dalam tubuhmu : 

  1. Mengerjakan pekerjaan rumah 

Berbagai pekerjaan rumah seperti menyapu, mencuci lantai, mencuci piring, mencuci pakaian, mendekorasi ruangan, dan lain-lain sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai cara membakar kalori. Mungkin pekerjaan rumah yang demikian terkesan menjengkelkan, tapi sebenarnya, itu bisa membantumu menurunkan berat badan. Sebagai bonus, rumah jadi lebih rapi dan bersih.

Jika menghabiskan sekitar satu jam untuk mencuci piring dan mengeringkannya dengan lap, kamu bisa membakar sekitar 100 kalori. Untuk membakar 100 kalori, kamu juga bisa membersihkan kamar mandi selama 35 menit. 

  1. Mandi air panas

Mandi air panas adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres dan membuat otot-otot tegang jadi lebih rileks, terutama setelah lelah bekerja sepanjang hari. Namun, ternyata tidak hanya berfungsi menghilangkan stres dan ketegangan saja, mandi air panas juga bisa membantu kamu membakar kalori. 

Saat kamu mandi dengan air panas, tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu normal, nah hal inilah yang pada gilirannya membantu kamu membakar lebih banyak kalori.  Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mandi air panas selama satu jam dapat membakar sekitar 130 kalori. Dengan begitu, mandi air panas bisa jadi cara menyenangkan untuk mengurangi berat badan, bukan? 

  1. Minum air dingin

Tubuh harus tetap terhidrasi jika ingin sehat dan bugar. Terlebih, jika ingin menurunkan berat badan, kamu harus memastikan tubuh cukup mendapatkan air. Nah, untuk efek pembakaran kalori ekstra, kamu perlu mencari cara tertentu agar minuman yang kamu konsumsi bisa membantu. 

Caranya, kamu perlu meminum air dingin. Menambahkan beberapa es batu ke dalam air bersuhu ruang atau air hangat, bisa membantu kamu membakar kalori, loh. Sebab, saat kamu minum air dingin, tubuh kamu harus bekerja ekstra untuk menghangatkannya hingga mencapai suhu tubuh. Nah, di saat yang sama, metabolisme tubuh akan meningkat. Inilah yang membuat kalori terbakar. 

  1. Mencium aroma vanila

Apakah kamu merasa sangat lapar ketika masuk ke toko kue yang berbau lezat? Ternyata, indra penciuman bisa mempengaruhi seberapa banyak kita makan. Karenanya, saat sedang ingin menurunkan berat badan, kita juga perlu memanfaatkan indra penciuman. 

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang mencium aroma vanila dapat menekan nafsu makan mereka. Kamu bisa mencari parfum beraroma vanila untuk dipakai sehari-hari, supaya badanmu harum dan nafsu makanmu pun bisa ditekan. Dengan demikian, kamu tidak akan makan dalam porsi yang banyak. Tentu saja, dengan mengurangi asupan makanan, kamu bisa perlahan menurunkan berat badan.

  1. Minum teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang penuh kandungan antioksidan. Tak hanya membuat kulit kamu terlihat lebih muda, teh hijau juga dapat membakar kalori ekstra di tubuhmu. Kandungan kafein dan katekin yang ada dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu tubuh kamu memecah lemak dengan lebih mudah. Jadi, banyak kalori bisa terbakar dengan mengonsumsi teh ini. 

Penelitian menunjukkan, kamu perli minum sekitar tiga cangkir teh hijau dalam sehari untuk bisa melihat hasilnya. 

Baca Juga :

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Saat Berada di Gym

6 Alternatif Latihan Gym yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

6 Alternatif Latihan Gym yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Makanan Bebas Gluten Bagi Penderita Penyakit Celiac

Diet bebas gluten sudah diterima dan diterapkan di