Penuaan kulit adalah proses alami yang pasti akan dirasakan semua orang. Awal mula munculnya penuaan dini tidak bisa diprediksi dan bisa saja berbeda antara satu orang dan lainnya. Meskipun tidak bisa mencegah penuaan dini, namun setidaknya bisa kulit bisa dirawat dengan menggunakan skincare. Pilihan produk kecantikan yang banyak dipilih untuk mengurangi tampilan penuaan dini adalah skicare anti-aging. 

Skincare anti-aging ini adalah produk perawatan wajah dan tubuh yang diformulasikan secara khusus untuk mengurangi tanda penuaan dini seperti keriput, wajah kusam, flek hitam, garis halus, dan sebagainya. Meskipun menggunakan produk anti-aging sudah umum, namun ternyata masih banyak yang salah ketika menggunakannya sehingga hasilnya kurang maksimal. Berikut ini beberapa aturan untuk menggunakan skincare anti-aging.

Gunakan Skincare Pada Wajah Yang Bersih

Skincare, baik anti-aging, whitening, anti acne, atau apapun itu, harus digunakan pada wajah yang bersih. Bila perlu lakukan double cleansing, yaitu dengan menggunakan cleansing milk atau balm dan dilanjut dengan cleanser. Kulit wajah yang bersih bisa menyerap produk skincare dengan lebih baik sehingga hasilnya juga bisa lebih maksimal. Selain itu, kotoran dan sisa makeup juga tidak menumpuk bersama dengan skincare yang bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori. 

Lakukan Eksfoliasi

Membersihkan wajah setiap hari sebelum menggunakan skincare itu wajib. Juga setiap minggu kulit harus dieksfoliasi untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi kulit bisa dilakukan 1-2 kali seminggu. Pilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit misalnya eksfoliasi kimia untuk kulit kering. Hindari penggunaan scrub bila kulit termasuk tipe sensitif. Selain mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi ini juga membantu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. 

Pakai Toner Untuk Melembabkan Kulit

Setelah menggunakan cleanser dan eksfoliasi, kulit mungkin akan terasa kering. Oleh karena itu langkah perawatan harus dimulai dengan toner. Toner membantu mengembalikan kelembaban kulit yang hilang selama proses mencuci wajah. Wajah yang lembab lebih mudah menyerap skincare selanjutnya sehingga hasilnya lebih maksimal. 

Kamu bisa memilih toner yang menggunakan pelembab, emolien, atau humektan seperti hyaluronic acid, glycerin, glutathioner, dan sejenisnya. Bahan aktif ini membantu melembabkan wajah dengan menarik air masuk ke dalam kulit. 

Skincare Dengan Bahan Aktif Diawal

Sebagian besar skincare menggunakan bahan aktif untuk perawatan kulit yang maksimal. Agar produk skincare anti-aging bekerja dengan baik, gunakan skincare dengan bahan aktif ditahapan awal. Setelah menggunakan cleanser, kulit masih lembab sehingga kandungan bahan aktif pada skincare bisa terserap dengan maksimal. 

Gunakan Hingga Ke Leher

Sebagian besar orang hanya fokus untuk merawat wajah saja dan melupakan area leher. Padahal leher juga perlu perawatan untuk menyamarkan tanda penuaan. Tidak mau kan punya wajah kencang namun leher yang kendur dan banyak spot hitam? Oleh karena itu, gunakan skincare anti-aging hingga ke bagian leher juga untuk memberikan efek yang sama dengan wajah. 

Itu beberapa trik cerdas agar skincare anti aging yang kamu miliki dapat bekerja secara maksimal. Masih ada beberapa trik cerdas lain yang bisa kamu baca di bagian kedua.

Baca Juga :

8 Minuman Anti Aging yang Wajib Dicoba

Cari Tahu Waktu Tepat Untuk Mulai Memakai Produk Anti Aging? Simak Ulasan Ini Yuk

REVIEW: Raiku Anti Aging Toner

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya