Mungkin Anda berkali-kali mendengar bahwa air panas memiliki kemampuan untuk menghilangkan minyak alami dari kulit Anda. Walaupun mandi air hangat membuat tubuh terasa nyaman, namun tidak disarankan mandi air panas terus menerus.

Namun, baru-baru ini dokter kulit bersertifikat Lily Talakoub, M.D., memberikan tips untuk mengatasi masalah ini. Anda bisa menggunakan masker sebelum mandi untuk melembabkan dan menghidrasi kulit sebelum mandi.

Cara Kerja Masker Mandi

Masker berguna sebagai penyangga dan penghalang yang membantu mencegah kehilangan minyak berlebih dalam kulit, sehingga kulit tetap kenyal dan halus. Jadi, masker berfungsi ganda, yaitu selain melembabkan kulit, ia juga berfungsi sebagai pelindung kulit untuk mempertahankan kelembaban kulit.

Saat ini banyak sekali jenis masker mandi yang mulai dijual di pasaran dengan formula beragam. Tugas Anda adalah mengenali kulit Anda dan menemukan masker mandi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Wajah Terasa Kering

Jika wajah Anda terasa kering, Dr.Talakoub merekomendasikan untuk memilih masker dengan kandungan Panthenol dan Asam Hialuronat dimana keduanya memiliki sifat humektan. Panthenol sendiri membantu memulihkan dan melindungi kulit dari kekeringan.

Jika Kulit Anda Mengalami Kemerahan Atau Iritasi

Jika kulit Anda mengalami iritasi hingga kemerahan, maka Anda bisa memilih bahan-bahan yang memiliki sifat menenangkan seperti lidah buaya atau mentimun. Mentimun dan lidah buaya mampu membantu menghidrasi sekaligus menangkan kulit. Timun juga memiliki kandungan cucurbitacins, cucumegastigmanes cucumerin, vitexin, orientin, dan apigenin yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi. Oleskan ekstrak timun dan lidah buaya pada area yang teriritasi dan tunggulah beberapa menit sebelum Anda mandi dan membilasnya.

Jika Area Mata Terasa Kering

Seringkali hanya bagian mata saja yang terasa kering dan kencang saat mandi. Jika ini terjadi, Anda bisa membeli serum khusus mata. Oleskan serum ini pada area mata dan diamkan beberapa menit sebelum mandi. Serum dapat membantu memelihara dan melindungi kulit, terutama jika Anda memilih serum mata yang kaya akan kandungan antioksidan.

Jika Anda Merasa Kering Dan Kencang Di Sekujur Tubuh

Dr. Talakoub berpesan agar kita tidak hanya fokus pada kulit wajah saja, namun sebaiknya juga fokus pada perawatan tubuh. Jika memang kulit terasa kering dan kencang hingga gatal setelah mandi, cobalah gunakan minyak untuk tubuh atau natural oil yang saat ini banyak dijual. Selain alami, natural oil juga mampu melembabkan dan menghidrasi kulit.

Walaupun Anda sudah menggunakan masker dan natural oil, bukan berarti Anda bisa melewatkan pemakaian hand body ya. Pemakaian body lotion sangat membantu untuk melembabkan kulit, karena walaupun sudah menggunakan masker tubuh dan lulur sekalipun pelembab bisa saja menguap. Untuk itulah dibutuhkan pelembab tambahan untuk menjaga kulit yaitu body lotion.

Anda bisa memilih body lotion sesuai selera Anda. Pilih yang wanginya mampu menenangkan, tapi pastikan kandungannya aman untuk kulit ya. Pilih body lotion yang memiliki kandungan bahan alami, seperti oat, lidah buaya, dan bahan alami lainnya.

Baca Juga :

Dapatkan Kulit Kencang dengan DIY Efektif Ini

Eiits, Jangan Sampai Kamu Dibilang Tua Karena Kulit Kamu yang Kurang Kencang Yaa. Makanya Gunakan Tips Ini

Dapatkan Kulit yang Kencang Hanya dengan Menggunakan Masker Kopi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dengan Hair Spa di Rumah

Hair spa merupakan salah satu perawatan yang difavoritkan