Selama kamu hidup, tentu kamu pernah mendengar kalimat ini meskipun hanya sekali, “Jangan menangis! Menangis tidak akan menyelesaikan masalah”. Hmmm, bagaimana jika ternyata pernyataan itu tidak benar?

Tanpa kamu ketahui, ternyata menangis dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan loh! Jadi, jika suatu ketika kamu ingin menangis, maka jangan menahan air matamu. Menangislah, karena menangis memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak pernah kamu duga sebelumnya. Berikut adalah daftar masalah kesehatan yang dapat diringankan dengan cara menangis :

  • Stres

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa menangis dapat membantu orang menjadi lebih rileks selama masa-masa stres. Memang manfaat dari tangisan tidak langsung terjadi, dan mungkin perlu beberapa menit sebelum tubuh mulai mereasa rileks setelah menangis. Menurut penelitian, menangis dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS). Nah, ketika saraf ini diaktifkan, saraf memiliki efek menenangkan pada otak.

  • Tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, demensia, dan bahkan gagal ginjal. Namun kabar baiknya, menurut beberapa penelitian, menangis dapat memberikan manfaat untuk meringankan masalah tekanan darah. Menangis tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap terkendali, tetapi menangis yang intens juga dapat menenangkan denyut nadi.

  • Akumulasi racun

Air mata yang mengalir dari mata kamu saat menangis dapat membersihkan kotoran, seperti asap dan debu dari mata. Selain itu, saat kita menangis, tetesan air mata kita mengeluarkan racun yang terkumpul di dalam tubuh karena stres. Penghapusan racun ini akan membantu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh, sehingga menghasilkan suasana hati yang lebih baik. Oleh karena itu, tidak heran jika kita sering merasa badan kita lebih ringan setelah menangis.

  • Perubahan suasana hati

Jika kamu bertanya-tanya mengapa perilaku kamu berubah menjadi agresif dan kamu terus merasa cemas dan kesal akhir-akhir ini, maka kamu harus tahu bahwa tidak ada jawaban yang pasti. Itu artinya kamus sedang mengalami mood swing. Perubahan suasana hati dapat terjadi karena berbagai alasan. Salah satu penyebabnya adalah penumpukan mangan di dalam tubuh.

Saat kita menangis, kelebihan mangan ini akan mengalir keluar dari tubuh bersama dengan tetesan air mata kita. Menangis akan mengurangi konsentrasi mangan di dalam tubuh, dan pada akhirnya akan membantu kamu untuk tenang dan fokus.

  • Nyeri

Saat kita mengalami nyeri atau berbagai bentuk kesakitan fisik lainnya, beberapa tetes air mata sering kali keluar tanpa disengaja. Tahukah kamu? Air mata yang menetes keluar saat kita kesakitan adalah cara tubuh mengurangi sensasi nyeri. Penelitian telah menemukan bahwa selain menenangkan diri sendiri, meneteskan air mata secara emosional dapat melepaskan oksitosin dan endorfin. Bahan kimia ini membuat orang merasa lebih baik dan juga dapat meredakan rasa sakit fisik dan emosional.

Menangis bisa terjadi karena berbagai hal. Ada air mata kesedihan dan ada air mata kebahagiaan. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sering menangis? Apakah kamu merasa lega setelah menangis?

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/jangan-biarkan-rasa-cemburu-yang-berlebih-membuat-hubungan-kalian-berantakan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Teknik Pijat Untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Kamu sering mengalami sakit kepala? Apa yang biasa