Tahukah kamu? Kita tidak selalu bisa memastikan apakah air keran itu bagus untuk diminum. Bahkan ada kalanya kualitasnya bisa berubah dalam semalam dan mungkin saja kamu tidak menyadarinya. Oleh karena itu, jika kamu mengetahui bagaimana mendeteksi perubahan kualitas air, maka kamu dapat menghindari konsumsi air tercemar.

Tidak perlu khawatir, ada cara untuk memeriksa kualitas air, seperti yang dilakukan para profesional. Kamu hanya perlu menggunakan 3 indra. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk memeriksa air dan memastikan bahwa air tersebut aman dan baik untuk diminum :

  • Mulailah dengan memeriksa warna air
dan ini adalah penampakan dari hair tonicnya, hair tonicnya cair sperti air tetapi memiliki warna biru

Pertama, biarkan air mengalir selama beberapa menit. Ini akan menghapus semua penumpukan dari keran.  Setelah itu, isi gelas kamu dengan air dan tahan di tempat yang terang. Jika air menjadi keruh, kuning, atau coklat, itu menandakan bahwa pipa air berkarat, terdapat polusi di hulu, atau menandakan sumber air berkualitas rendah

  • Periksa apakah air keruh

Periksa air untuk mencari partikel atau melihat apakah air kamu keruh. Isi gelas dengan air lalu nyalakan lampu atau senter untuk memeriksa air. Jika kamu menemukan partikel merah, oranye, atau coklat maka kemungkinan perlengkapan atau pipa kamu sudah berkarat atau tua. Jika kamu menemukan partikel hitam di dalam air, maka kemungkinan selang sudah mulai rusak. Jika air terlihat keruh tanpa partikel, berarti air mengandung terlalu banyak bahan kimia.

  • Cium air untuk menentukan baunya

Tahap selanjutnya, kamu perlu cium airnya. Jika baunya seperti pemutih, kemungkinan besar karena klorin yang telah dicampurkan untuk membuat air aman. Ini memang tidak berbahaya, tetapi sebaiknya kamu memiliki filter untuk menghilangkan baunya.

Jika air bau tanah atau apek menunjukkan bahwa ada benda organik yang membusuk di dalam air atau di saluran pembuangan. Jika baunya seperti telur busuk, artinya ada bakteri yang tumbuh di dalam air.

Untuk memeriksa lebih lanjut, biarkan air berada di dalam gelas selama beberapa menit dan cium kembali. Jika tidak berbau seperti telur busuk, artinya bakteri ada di dalam saluran pembuangan dan bukan di dalam air.

  • Cicipi air untuk memeriksa rasanya

Sekarang saatnya menggunakan indra perasa kamu. Jika rasanya tidak enak maka segera keluarkan airnya. Rasa logam pada air dapat berarti bahwa tingkat pH rendah atau terdapat kelebihan mineral dalam air, yang biasanya disebabkan oleh pipa yang berkarat. Jika rasanya seperti pemutih, berarti ada bahan kimia, yang bisa disebabkan oleh pembuangan air atau limbah industri. 

  • Periksa pipa apakah ada penumpukan dan korosi

Sangat penting untuk memeriksa pipa kamu secara teratur karena itu bisa menjadi alasan mengapa air kamu tidak layak untuk diminum. Sebenarnya ada cara sederhana untuk memeriksanya. Jika pipa berada di atas tanah, lihat apakah ada residu berwarna biru atau putih di sekitar pipa.

Jika kamu tidak dapat menjangkau pipa, periksa ke dalam toilet dan periksa apakah ada karat, atau apakah ada noda biru di sekitarnya. Jika kamu memutuskan untuk memanggil tukang ledeng, minta mereka untuk mengizinkan kamu melihat ke dalam pipa. Karat, bercak putih atau biru, dapat menunjukkan bahwa air kamu tidak aman untuk diminum.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/5-manfaat-mandi-air-dingin-untuk-kulit/

https://www.tampilcantik.com/7-hairstyle-trend-untuk-musim-gugur-2020/

https://www.tampilcantik.com/7-cara-mengontrol-kandung-kemih-saat-tidak-ada-kamar-mandi-untuk-buang-air-kecil/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Teknik Pijat Untuk Menghilangkan Sakit Kepala

Kamu sering mengalami sakit kepala? Apa yang biasa