Tata krama atau aturan etiket bisa berbeda di berbagai negara dan berbagai budaya. Tetapi, aturan etiket juga bisa diterapkan secara umum, terutama ketika kita makan di restoran. Meskipun mungkin tidak setiap hari kamu pergi ke restoran untuk makan, tapi tentu saja kamu pernah dan kamu akan pergi ke restoran suatu hari nanti kan? Untuk itu, kamu perlu menunjukkan tata krama makan yang baik sebagai seorang wanita sejati.

Berikut adalah beberapa daftar aturan etiket yang perlu kamu ketahui :

  • Kamu boleh makan ayam dengan tangan kamu
Etiket Makan Ayam Goreng, Pakai Tangan Tapi Tetap Sopan

Aturan etiket mengatakan bahwa kita harus makan ayam dengan peralatan makan jika kita berada di lingkungan atau acara resmi. Namun, beberapa pengecualian mungkin berlaku juga di sini. Beberapa tempat katering menyediakan mangkuk jari. Artinya, makanan bisa diambil dengan tangan kamu dan kemudian kamu bisa cuci tangan di mangkuk jari yang sudah diberi air lemon.

  • Hindari meninggalkan noda lipstik pada serbet kain

Serbet biasa diletakkan di pangkuan dan bisa digunakan untuk menyeka mulut saat makan. Hal ini tidak disarankan jika terdapat lipstik di bibir kamu, karena serbet yang terkena noda lipstik adalah indikator perilaku yang buruk. Untuk itu, kamu bisa menggunakan tisu jika kamu sedang memakai lipstik.

  • Pastikan juga untuk tidak meninggalkan noda lipstik pada gelas

Jangan anggap remeh noda lipstik pada gelas kamu! Noda lipstik di gelas sebenarnya merupakan pelanggaran yang cukup kasar terhadap etiket di meja makan. Jika kamu takut lipstik kamu akan meninggalkan bekas di gelas, maka tepuk-tepuklah bibir kamu dengan tisu sebelum mulai minum.

  • Kamu membutuhkan sendok untuk makan pasta
Coretannya si Antare5: Ini Dia Cara Makan Spaghetti yang Benar!

Pasta harus dimakan dengan garpu di tangan kanan dan sendok di kiri. Kamu harus mengambil spageti dengan garpu lalu meletakkannya di atas sendok dan putar spageti kamu. Setelah itu, kamu bisa mendekatkan garpu ke mulut dan menggunakan sendok untuk menahan pasta yang tergantung di garpu. Begitulah etiket untuk makan pasta.

  • Daging tidak harus selalu dipotong dengan pisau

Kamu tidak harus selalu menggunakan pisau untuk memotong daging dan terkadang melakukan hal ini justru dapat menunjukkan bahwa kamu tidak paham etiket. Jadi, hidangan dengan daging cincang atau giling seperti irisan daging, bakso, atau beefsteak bisa dipotong dengan ujung garpu.

  • Buku menu harus menyentuh tabel

Saat kamu memilih apa yang akan dipesan, pastikan untuk memperhatikan cara kamu memegang menu. Cara memegang buku menu juga masuk dalam etiket. Menu harus diletakkan di atas meja atau setidaknya buku menu harus menyentuh meja bahkan jika hanya satu tepi sekalipun. Jika kamu mengangkat menu dari meja, kamu bisa dianggap tidak sopan.

  • Biji tidak boleh dikeluarkan dari mulut menggunakan tangan

Mengeluarkan biji dari mulut menggunakan tangan kamu, hanya dapat dilakukan jika kamu memasukkan makanan ke dalam mulut dengan tangan juga. Tetapi, jika kamu makan dengan menggunakan garpu, maka bijinya juga harus diletakkan di atas garpu.

  • Jangan memotong semua daging sekaligus

Kamu mungkin sering melihat orang-orang memotong semua daging sekaligus baru memakannya. Nah, sebenarnya mereka keliru. Memotong semua daging sekaligus akan dianggap salah karena jika kamu memotong semua daging sekaligus, daging akan cepat dingin dan kehilangan rasanya.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/6-hal-yang-sebaiknya-tidak-dilakukan-wanita-untuk-pria/

https://www.tampilcantik.com/7-alasan-mengapa-banyak-pria-enggan-mengekspos-hubungan-asmara-di-sosial-media/

https://www.tampilcantik.com/pria-mengungkapkan-mengapa-mereka-menyukai-wanita-yang-berisi/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Perlu ke Gym, Ini 5 Cara Bakar Kalori Ekstra di Rumah

Olahraga untuk menurunkan berat badan sebenarnya tidak melulu