Kamu mendapati wajahmu bengkak tiap bangun pagi? Wah, mungkin itu pertanda bahwa kamu harus mulai merawat tubuhmu dengan lebih baik. Merawat kulit saja tidak cukup untuk mendapatkan tubuh yang sehat secara keseluruhan. Sebaiknya, kamu mulai merawat kesehatan organ dalam, agar cantik dari luar dan juga cantik dari dalam. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi wajah bengkak di pagi hari. Lakukan hal ini secara rutin, ya :

  1. Pijat limfatik selama 3 menit

Untuk mengurangi bengkak atau tembam pada wajah, maka kamu perlu membuat sirkulasi darah pada area wajah berjalan dengan baik. Caranya, cukup lakukan pijat limfatik untuk membuat aliran darah lancar. Berikut beberapa step yang harus dilakukan: 

  • Silangkan tangan kamu, letakkan dua jari di kedua sisi leher bagian atas.
  • Mulailah memijat ke arah bawah dengan mengusapkan jari ke leher. Berikan sedikit tekanan selama memijat dan ulangi prosesnya sebanyak 10 kali.
  • Selanjutnya, gerakkan jari kamu ke tengah leher, lalu gesekkan ke bagian bawah. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali. 
  • Langkah selanjutnya, letakkan dua jari tangan kanan dan dua jari tangan kini ke bagian tengah dada. Mulailah menggesekkan jari kamu ke samping kanan dan kiri dada kamu. Ulangi gerakan sebanyak 10 kali.
  1. Gunakan krim vitamin K

Vitamin K banyak digunakan untuk produk perawatan kulit dan obat. Bukan tanpa alasan, vitamin K ternyata mampu membantu penyembuhan kulit, meredakan kemerahan, dan meminimalkan pembengkakan pada wajah kamu. Itulah sebabnya, kamu membutuhkan vitamin K untuk merawat kulit wajah, terutama bagian bawah mata dan pipi.

  1. Konsumsi potasium dan sodium

Tahukah kamu, ginjal kita bertugas menjaga keseimbangan antara natrium, kalium, dan air dalam tubuh. Jadi, ketika kita mengonsumsi terlalu banyak natrium, tubuh akan mencoba menyeimbangkannya dengan menahan air. Itulah sebabnya, kamu terlihat lebih besar atau tembam. 

Untuk mengatasi hal ini, makanlah produk makanan yang tinggi kalium demi menjaga keseimbangan yang baik antara natrium, kalium, dan air.

  1. Jangan cuci muka di kamar mandi

Para ahli kecantikan merekomendasikan kita untuk mencuci muka dengan air dingin di wastafel kamar mandi (bukan di dalam kamar mandi) untuk mengurangi pembengkakan pada wajah yang biasa terjadi di pagi hari.

Hal ini dilakukan untuk menghindarkan kamu dari kebiasaan mencuci wajah sambil mandi. Karena, jika mencuci wajah sambil mandi, apalagi dengan menggunakan air panas, maka kamu dapat memicu suplai cairan dan darah ke wajah. Itulah yang membuat wajah jadi terlihat bengkak.

Jika kamu ingin membuat otot-otot wajah dan tubuh rileks, kamu bisa mandi air hangat, namun akhiri atau bilaslah dengan air dingin supaya cairan dan aliran darah tidak mengarah ke wajah. Air dingin juga bisa membuat kulit lebih kencang dan kenyal.

  1. Masalah hormon estrogen

Bengkak pada wajah bisa saja terjadi akibat perubahan kadar hormon dalam tubuh, terutama estrogen. Ketika estrogen dalam tubuh kamu tidak seimbang, maka kamu mungkin akan mendapati masalah seperti hiperpigmentasi kulit, wajah bengkak, atau stretch mark berwarna ungu. Jika hal ini terjadi, periksakan diri ke dokter untuk mengecek kadar hormon kamu agar terhindar dari masalah kesehatan yang serius.

  1. Kontrol asupan protein

Salah satu alasan mengapa wajah kamu terlihat bengkak adalah pola makan yang tidak sehat. Jika makanan yang kamu konsumsi rendah protein, tentu tubuh akan kekurangan protein dan menyebabkan cairan di dalam pembuluh darah bocor ke sel-sel lain. Untuk itu, perhatikan menu makan kamu dan usahakan untuk mengonsumsi cukup protein. 

Baca Juga :

Wajah Bengkak? Bisa Jadi, Hal-Hal Inilah Alasannya

Pijat Wajah ala Jepang yang Dapat Menghilangkan Kerutan

Stop Sekarang! Ini Tandanya Kosmetik Tidak Cocok Dikulit Wajahmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi