Dalam setiap hubungan, perbedaan pendapat dan pertengkaran adalah hal yang wajar. Jangankan dalam hubungan percintaan, hubungan keluarga dengan orang tua pun kerap mengalami perselisihan.

Meskipun begitu, sebenarnya kamu bisa mewaspadai “bendera merah” atau tanda bahaya dalam setiap hubungan yang kamu jalani.

Apa itu “bendera merah” dalam hubungan?

“Bendera merah” adalah suatu kondisi atau kejadian yang menjadi peringatan dini dari sifat asli pasangan kamu. Bisa jadi, sifat ini adalah sifat tidak sehat yang berpotensi merusak kehidupan kalian di masa depan. 

Jika kamu merasa ada sesuatu yang janggal dan tidak benar dalam hubungan, jangan menyangkal hati kecilmu. Kamu harus peka dan menyadari sejak dini sebelum terlambat.

Berikut adalah tanda-tanda adanya bendera merah dalam hubunganmu yang perlu diwaspadai sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

  1. Ada kesulitan dalam bubungan seksual, tapi tidak dibicarakan 

Akan selalu ada pasang surut dalam hubungan seksual. Tetapi, jika kamu dan pasangan tidak bisa membicarakan masalah atau kendala yang kalian alami selama berhubungan intim, apalagi jika masalah tersebut terjadi berulang kali, maka ini adalah tanda yang tidak baik. 

Jika dibiarkan, masalah hubungan seksual bisa menghancurkan hubunganmu dan pasangan. Kamu dan pasangan seharusnya dapat mendiskusikan masalah seksual secara terbuka. Kalian perlu memastikan bagaimana pendapat satu sama lain, bagaimana perasaan satu sama lain, dan menemukan solusi tentang cara mengatasi kekhawatiran yang dirasakan satu sama lain. 

  1. Tidak ingin memperkenalkan satu sama lain kepada teman dan keluarga 

Sebelum melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, sudahkah kamu mengenal semua teman-teman dan keluarga pasanganmu? Hal ini menjadi penting untuk dipertimbangkan sebelum melanjutkan hubungan.

Jika pasangan kamu tidak ingin mengenalkanmu kepada keluarga dan teman-temannya, itu bisa jadi tanda bahwa hubunganmu mungkin tidak akan bertahan lama. Sebab, seseorang yang serius menjalin hubungan denganmu tentu ingin kamu juga dekat dengan teman-teman dan keluarganya.

Dengan mengenal orang tua dan teman-teman pasangan, kamu pun akan mengenal dia dengan lebih baik, juga melihat lebih dalam tentang masa lalunya. Ini akan membuat ikatan hubungan kalian menjadi lebih kuat.

  1. Semula “Kita”, tapi sekarang menjadi “Aku” 

Coba perhatikan bagaimana obrolan kamu dan pasangan. Entah itu melalui sosial media, pesan, telepon, atau saat berbincang secara langsung. Jika dulu pasangan kamu selalu menggunakan kata “Kita” dalam obrolan, namun sekarang dia cenderung memakai kata “Aku”, maka ada yang salah dengan hubungan kamu.

Bisa jadi, cara pasangan kamu dalam memandang hubungan berbeda. Dulu, saat mengatakan kata “Kita”, dia melihat masa depan antara kamu dan dia. Namun, ketika mengganti kata “kita” menjadi “aku”, maka ada perubahan suasana hati dan cara pandangnya terhadap hubungan. 

  1. Kamu berubah setelah berhubungan dengannya 

Terkadang, perubahan dalam dirimu bisa jadi tidak kamu sadari. Mungkin, keluarga atau sahabat dekatmu yang justru melihat perubahan itu. Misalnya, saat bertemu dengan teman-teman, ada yang bilang bahwa kamu berubah. Entah itu penampilan atau sikapmu.

Ketika hal itu terjadi, coba lihat dalam dirimu. Perhatikan bagaimana caramu bicara, bagaimana gaya berpakaianmu, dan sebagainya. Jika kamu berubah ke arah yang lebih baik, kemungkinan pasanganmu telah membawa pengaruh positif dalam dirimu. 

Tetapi, jika kamu berubah ke arah yang kurang baik, maka kemungkinan pasanganmu telah membawa pengaruh negatif dalam hidupmu dan hal ini perlu diwaspadai. 

Tentu kamu tidak mau kehilangan “dirimu” yang sesungguhnya hanya karena pasangan, bukan?

Itulah beberapa tanda bendera merah yang harus diwaspadai dalam hubungan. Jangan sampai kamu mengabaikannya, ya.

Baca Juga :

Menurut Ilmuan, Ini 6 Alasan yang Membuat Pasangan Selingkuh

Masih Ragu? Ini 7 Tanda Hubunganmu dan Pasangan Akan Langgeng Sampai Tua

Ini 5 Cara Romantis untuk Membangunkan Pasangan di Pagi Hari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal Ini Wajib Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Punya Anak 

Tahukah kamu, ada pepatah mengatakan “Tidak pernah ada