Menjadi ibu pertama kalinya bisa menjadi urusan yang agak menakutkan. Postingan Instagram yang sempurna tentang keibuan itu tidak memberi tahu Anda tentang kelelahan yang menghabiskan banyak waktu, perubahan hormon yang menegangkan, kurang tidur yang tampaknya tak ada habisnya, dan tentu saja banyak nasihat yang tidak diminta! Dan sementara bundel kegembiraan Anda membuatnya sangat berharga, tidak ada salahnya untuk bersiap, bukan? Kami senang membantu, mulai dari yang paling dasar—mandi. Inilah yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai!

Apakah suhunya tepat?

Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa airnya hangat dan nyaman untuk bayi Anda yang baru lahir. Isi bak mandi Anda dengan air dingin terlebih dahulu lalu tambahkan air panas, pastikan Anda mencampurnya dengan baik. Idealnya, suhunya harus mendekati suhu tubuh bayi Anda yaitu 37 – 38 derajat C. Juga, pastikan Anda tidak pernah meletakkan bayi Anda di bawah air yang mengalir—karena suhunya bisa saja berubah, dan dalam beberapa kasus bahkan melepuhnya.

Seberapa sering Anda harus memandikan bayi Anda?

Memandikan bayi Anda yang baru lahir sekali sehari sudah lebih dari cukup untuk membuatnya tetap bersih. Gunakan produknya dengan mudah—kulit bayi Anda lembut dan halus. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjaga waktu mandi di malam hari—mandi air hangat akan membuat bayi Anda rileks dan memastikan bahwa ia (dan Anda) mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Berapa kedalaman ember?

Anda dapat mengisi bak mandi hingga bahu bayi Anda sehingga ia dapat duduk dengan nyaman untuk mandi yang nyaman. Selain itu, jangan pernah mengisi bak mandi dengan bayi Anda di dalamnya—untuk mencegah kecelakaan karena bak mandi terisi terlalu cepat. Saat dia bermain-main, lemparkan beberapa mainan karet untuk membuat waktu mandi lebih menyenangkan!

Berinvestasi dalam penyangga mandi yang baik

Seiring dengan bak mandi, penyangga mandi sangat penting untuk bayi Anda yang baru lahir. Anda dapat memilih apa saja mulai dari penyangga seperti bantal hingga penyangga bergaya kursi yang akan menopang bayi Anda. Jangan lupa keset kamar mandi yang akan memberikan pegangan yang baik. Tapi ingat, apa pun yang Anda lakukan, jangan pernah meninggalkan bayi Anda tanpa pengawasan di dalam air—bahkan jika Anda memiliki penyangga.

Pilih produk Anda dengan bijak

Bayi Anda tidak perlu terlalu banyak digosok, jadi, pembersih dan sampo yang sederhana dan ringan harus dilakukan. Keramas rambut bayi Anda dua kali seminggu juga sudah cukup baik. Menggunakan terlalu banyak produk hanya akan mengeringkan kulit halusnya. Dan jangan pernah menggunakan produk dewasa pada kulit bayi Anda yang baru lahir!

Jangan takut untuk meminta bantuan

Ya, kami tahu Anda seorang ibu super, tetapi tidak ada salahnya untuk meminta bantuan. Waktu mandi memang menyenangkan, namun bagi ibu baru juga bisa menjadi urusan yang melelahkan. Dengan semua kelelahan itu, meminta seseorang untuk menyerahkan bayinya kepada Anda atau membantu Anda mendandaninya bisa sangat melegakan. Lebih baik lagi, bergantian dengan pasangan Anda untuk memandikan bayi. Anda akan senang untuk waktu senggang, yang sangat bagus karena ibu yang bahagia menjadi ibu yang terbaik!

Baca Juga :

<strong>5 Tips Parenting ala Kristen Bell yang Bisa Kamu Praktikkan di Rumah</strong>

7 Tips Parenting Supaya Anak Tidak Ngeyel atau Keras Kepala

7 Kesalahan Parenting yang Dapat Merusak Masa Depan Anak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Tips Menggunakan Sunscreen Untuk Melindungi Anak Anda Di Bawah Sinar Matahari

Kita semua tahu bahwa menjaga anak-anak kita aman