Kristen Bell, aktris yang mengisi suara Princess Anna di film animasi Frozen, membesarkan dua anak perempuan bersama suaminya, Dax Shepard. Kedua putri Kristen Bell itu bernama Delta dan Lincoln. 

Dalam beberapa kesempatan, saat diwawancarai oleh wartawan tentang bagaimana caranya mengasuh anak, Kristen Bell menjawab dengan membagikan tips parenting.

Berikut adalah kumpulan tips parenting ala Kristen Bell yang mungkin bisa kamu praktikkan di rumah.

  1. Mengajarkan cara meminta maaf 

Kristen Bell mengatakan, orangtua tidak boleh takut minta maaf di depan anak. Entah itu permintaan maaf karena bersikap yang tidak sewajarnya kepada anak, atau minta maaf karena membuat keributan di rumah. 

Bahkan, saat Kristen Bell dan suaminya bertengkar, mereka akan saling meminta maaf di depan anak-anak. Hal ini dilakukan untuk memberikan contoh baik kepada anak, agar mereka tidak takut atau malu minta maaf ketika berbuat salah. 

“Aku membiarkan anak-anak menyaksikan banyak permintaan maaf. Jangan takut meminta maaf,” kata Kristen Bell.

  1. Jadi role model untuk anak

Kristen Bell selalu berusaha keras untuk menjadi role model bagi kedua putrinya. Setiap kali ia ingin putrinya melakukan sesuatu, ia akan terlebih dahulu melakukan hal itu dan menunjukkannya kepada anak-anak.

“Aku memodelkan perilaku yang aku lihat dari anak. Artinya, aku harus melakukannya juga, meskipun kadang hal itu menjengkelkan,” katanya.

Ketika ingin anaknya rajin membaca buku, Kristen Bell memberikan contoh dengan membaca buku di depan anak-anak. Ia juga menghabiskan waktu untuk membaca buku bersama anak-anak. Dengan cara ini, anak akan cenderung mengikuti kebiasaannya.

  1. Bergantian mengasuh anak

Seorang ayah dan ibu tidak bisa berada dalam kondisi prima setiap hari. Hal ini pun sangat dipahami oleh Kristen Bell. Karenanya, ia dan suami sering bergantian mengasuh anak ketika salah satu dari mereka butuh “istirahat”.

Saat Kristen Bell sedang tidak dalam kondisi baik dan perlu istirahat dari kegiatan mengasuh anak untuk menenangkan diri, maka suaminya yang akan “full time” mengurus anak, sementara Kristen Bell mencari cara untuk “mengisi baterai” tenaga.

Sebaliknya, saat suami Kristen Bell butuh istirahat sejenak untuk menenangkan diri atau melakukan hal lainnya, maka Kristen Bell yang akan memegang kendali atas pengasuhan anak.

Memberi waktu kepada satu sama lain untuk mengisi ulang daya tenaga untuk menjadi orangtua yang baik sangat penting dilakukan. Pasalnya, jika memaksakan diri untuk terus mengasuh anak setiap saat, parenting jadi tidak optimal. Ada kemungkinan kamu meluapkan emosi dengan cara yang salah di hadapan anak.

  1. Membiarkan anak bereksperimen dengan banyak hal

Kristen Bell membiarkan kedua putrinya bereksperimen dengan banyak hal, termasuk alat-alat make up dan skincare. Tentu, Kristen Bell menyiapkan kosmetik tersendiri untuk kedua putrinya agar tetap aman jika digunakan untuk bermain.

“Suatu hari mereka tampil dengan lipstik merah cerah dan eye shadow disapukan di seluruh wajah mereka. Saat itu aku bilang, ‘Wah, keren!’,” kata Kristen Bell.

  1. Mengajari anak untuk menjadi sosok yang penyayang 

Kristen Bell mengajarkan pada anak mereka bahwa semua orang di dunia ini berhak dihormati dan dicintai tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, apalagi ras atau agama.

Kristen Bell ingin kedua putrinya tumbuh menjadi gadis yang penyayang dan tidak membeda-bedakan. 

Nah, itulah beberapa tips parenting ala Kristen Bell yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Baca Juga :

7 Tips Parenting Supaya Anak Tidak Ngeyel atau Keras Kepala

7 Kesalahan Parenting yang Dapat Merusak Masa Depan Anak

Tips Parenting Jaman Kakek-Nenek Ini Dibilang Sudah “Ketinggalan Jaman”. Anak 80-90an Pasti Dididik Seperti Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Yang Perlu Diketahui Semua Ibu Pertama Kali Tentang Memandikan Bayi Baru Lahirnya

Menjadi ibu pertama kalinya bisa menjadi urusan yang