susu

 

Kalsium merupakan kebutuhan tubuh yang sangat penting, tubuh membutuhkan asupan kalsium sekitar 1000 mg setiap harinya, kalsium dibutuhkan untuk kesehatan dan kekuatan tulang, serta menguatkan pembuluh darah, penyeimbang asam, membantu pembekuan darah untuk mempercepat penyembuhan luka hingga melindungi otot jantung.

 

Salah satu bahan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi adalah susu, tapi sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi susu, ada orang yang tidak menyukai dan ada juga yang memang tidak bisa mengonsumsi susu karena alergi terhadap susu yang mengakibatkan diare setelah meminum susu. Tapi tubuh tetap membutuhkan kalsium, nah jangan khawatir makanan berikut ini bisa kamu jadikan sebagai sumber kalsium pengganti susu, dikutip dari vemale berikut makanannya.

 

  • Jeruk. Satu butir jeruk mengandung 60 mg kalsium, di samping vitamin dan juga serat. Anda disarankan mengonsumsi buah jeruk dengan cara dimakan secara langsung, jika bosan, Anda juga bisa membuatnya menjadi jus dan mengonsumsinya langsung tanpa harus disaring atau diberi tambahan gula.
  • Oatmeal. Oatmeal berasal dari gandum utuh yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, dalam satu sachet oatmeal juga mengandung kalsium sekitar 105 mg. Anda bisa mengolah oatmeal dengan cara dibuat bubur yang disajikan bersama pisang atau stroberi.
  • Kacang Kedelai. Selain jeruk dan oatmeal, kacang kedelai pun memiliki banyak kandungan kalsium. Dalam satu cangkir kacang kedelai, terdapat sekitar 261 mg kalsium.
  • Almond. Segenggam kacang bercitarasa gurih dan creamy ini memiliki kandungan sekitar 80 mg kalsium. Tak hanya kaya kalsium, almond juga bermanfaat mengurangi kadar gula darah tinggi, membantu penurunan berat badan dan mengurangi kolesterol.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Saran Memang Boleh Jadi Pemasukan, Tapi Jangan Langsung Percaya Saran Penata Rambut di Salon. Inilah Faktanya

Berdiskusi dengan penata rambut di salon tentu sudah