Saat sedang dalam program mengusahakan kehamilan, beberapa wanita memutuskan untuk berhenti merokok, minum alkohol dan mengonsumsi zat bahaya lain demi membantu meningkatkan kesuburan. Tetapi tahukah kamu bahwa ada makanan tertentu yang ternyata mampu meningkatkan kesuburan?

Sering kali, wanita tidak menyadari bahwa gaya hidup, stres dan makanan mampu memainkan peran penting dalam infertilitas. Makan makanan yang ‘mendukung’ kesuburan, memperhatikan keseimbangan protein, lemak sehat dan serat akan membantu kamu  meningkatkan mikroba usus, mengatur hormon dan menurunkan tingkat stres.

Berikut adalah makanan sehat yang wajib kamu konsumsi jika kamu sedang berjuang untuk hamil :

  • Alpukat

Alpukat adalah makanan pendukung kesuburan yang sangat bagus. Alpukat merupakan sumber vitamin E yang fantastis. Penelitian telah menunjukkan bahwa Alpukat dapat bermanfaat meningkatkan lapisan rahim. Selain itu, alpukat adalah salah satu lemak sehat yang lezat dan mengenyangkan. Alpukat memiliki kandungan kalium, folat dan vitamin K yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh kamu menyerap vitamin-vitamin lain dengan baik.

  • Sayuran hijau

Kita semua harus mengonsumsi sayuran hijau setiap hari untuk kebutuhan nutrisi harian. Nah, sayuran hijau juga sangat penting bagi kamu yang ingin meningkatkan kesuburan. Sayuran-sayuran hijau mengandung nutrisi prenatal penting seperti kalsium, zat besi, dan folat. Selain meningkatkan kesuburan, sayuran hijau berperan menjaga janin tetap sehat dan kuat bagi para ibu hamil.

  • Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta-karoten, yang dikenal mampu membantu meningkatkan produksi hormon progesteron. Kamu bisa mengonsumsi ubi jalar sebagai pengganti roti. Potong ubi menjadi seperempat inci, aduk dengan garam dan minyak zaitun, dan pangganglah selama 20 menit. Kamu bisa tambahkan mentega dan buah-buahan untuk isian ubi jalar.

  • Berry

Buah beri adalah buah lezat yang akan membantu kamu meningkatkan kesuburan. Blueberry, stroberi dan raspberry kaya akan antioksidan seperti folat dan seng. Nutrisi ini penting bagi kamu dan pasangan. Antioksidan dapat menonaktifkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel sperma dan sel telur. Jadi, konsumsilah buah beri dan pastikan kamu memilih buah organik, karena banyak buah di luar sana yang  mengandung banyak pestisida yang bahaya bagi kesehatan.

  • Salmon

Salmon adalah makanan enak yang baik kamu konsumsi saat kamu ingin meningkatkan kesuburan kamu. Salmon menjadi sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang penting bagi perkembangan otak dan mata bayi.

  • Sarden

Ikan lain yang kaya omega-3 dan mampu meningkatkan kesehatan otak adalah ikan sarden. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar optimal omega-3 penting dalam pengelolaan kesuburan wanita. Tentu ini akan sangat menguntungkan bagi kamu para pencinta sarden.

  • Telur

Makanan yang satu ini tentu selalu tersedia di rumah kamu. Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Telur juga dapat membantu meningkatkan kesuburan kamu, karena telur kaya akan kolin yang memiliki efek positif terhadap perkembangan janin secara signifikan.

Kosumsilah telur di pagi hari sebagai menu sarapan. Kamu bisa mencampur telur dengan sayuran sehat seperti wortel atau sayuran hijau. Masaklah semua bagian telur, jangan melewatkan kuning telur karena nutrisi yang kamu butuhkan ada di dalamnya.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/berat-badan-bisa-pengaruhi-kesuburan-dan-sulit-hamil-benarkah-demikian/

http://www.tampilcantik.com/tingkatkan-kesuburan-secara-alami-dengan-teh-kembang-talang/

http://www.tampilcantik.com/alasan-mengapa-kita-tidak-seharusnya-menanyakan-anak-pada-pasangan-yang-belum-memiliki-anak/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Makanan dan Minuman yang Akan Meningkatkan Kesehatan Wanita

Wanita memiliki sejumlah kebutuhan nutrisi yang unik, sehingga