Apakah kamu cenderung terkena infeksi terus-menerus? Apakah kunjungan dokter dan istirahat di tempat tidur menjadi hal biasa untuk kmau? Jika jawaban kamu adalah “Ya” untuk pertanyaan-pertanyaan ini, maka sudah waktunya untuk melakukan sesuatu! Mungkin kamu harus mengubah pola makan kamu dengan makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Makan makanan yang tepat untuk membangun kekebalan dan ketahanan tubuh dapat membantumu untuk menghindari berbagai macam infeksi dan bakteri yang bisa mendatangimu kapan saja.

Inilah beberapa makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu melawan kuman yang masuk tubuh :

  1. Buah jeruk

Jangan jatuh pada mitos bahwa buah jeruk bisa membuat kamu sakit tenggorokan! Sebaliknya, buah-buahan seperti jeruk bali, jeruk keprok, lemon, dan jeruk nipis adalah sumber Vitamin C yang paling terkenal. Secara khusus, nutrisi yang satu ini sangat penting karena tubuh tidak bisa memproduksi atau menyimpan vitamin C sendiri. Selain itu, buah dari keluarga jeruk mengandung anti-oksidan, yang memberikan efek perlindungan.

  • Brokoli

Brokoli adalah makanan super yang sangat ampuh untuk kekebalan tubuh. Selain lezat, brokoli dapat dimakan dengan dikukus atau mentah dalam salad. Kamu bisa berkreasi dengan bebas.  Kembang kol hijau seperti ini merupakan sumber vitamin A, C, dan E serta antioksidan yang tentunya akan sangat baik bagi tubuh kamu.

  • Bawang putih

Bawang putih terkenal karena kemampuannya melawan penyakit. Bawang putih dapat dimakan mentah, atau ditambahkan ke masakan untuk meningkatkan rasa makanan dan memberikan dosis senyawa sulfur seperti allicin. Menurut penelitian, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dan meningkatkan mekanisme melawan tubuh. Jadi, jika kamu tidak alergi dengan bawang putih, campurkanlah bawang putih di makananmu untuk menambah nutrisi.

  • Yogurt

Probiotik atau ‘bakteri baik’ yang ditemukan dalam yogurt dan produk fermentasi lainnya adalah anugerah bagi sistem pencernaan. Nutrisi ini juga diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Sup ayam

Siapa sangka, Sup Ayam yang lezat adalah obat tradisional untuk penyembuhan. Studi menunjukkan bahwa sup ini lebih efektif daripada air panas selama kamu terserang batuk atau flu. Ketika ayam dimasak, asam amino yang disebut cysteine dilepaskan. Zat inilah yang efektif dalam mengencerkan lendir. Jadi, kalau kamu terkena flu, makanlah Sup Ayam!

  • Ubi Jalar

Ubi Jalar atau yang terkenal dengan Sweet Potato mampu meningkatkan kesehatan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ubi Jalar mengandung Vitamin A dosis tinggi, yang memainkan peran penting dalam produksi jaringan ikat di kulit. Karena kulit manusia adalah organ terbesar dalam tubuh, ia bertindak sebagai perisai terhadap ratusan organisme penyebab penyakit. Nah, kamu bisa mengonsumsi Ubi Jalar untuk membuat tubuhmu tetap sehat dan kuat.

  • Jahe

Bumbu penting dalam masakan-masakan Indonesia ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan juga manfaat dalam menambah cita rasa. Jahe dikenal baik untuk pencernaan. Jahe  juga merupakan obat yang sangat baik untuk sakit tenggorokan. Minumlah jus jahe dengan madu, karena ini dianggap sebagai obat dalam sistem pengobatan Ayurvedic.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/serba-serbi-bahan-pengawet-di-makanan-apakah-berbahaya-bagi-kesehatan/

http://www.tampilcantik.com/wajib-hindari-ladies-diet-berikut-ini-berbahaya-untuk-kesehatan-lho/

http://www.tampilcantik.com/ternyata-timun-bagus-banget-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-lho-simak-ulasan-berikut-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Alasan Mengapa Kamu Mengalami Nyeri Haid yang Parah

Apakah kamu sering mengalami nyeri haid saat menstruasi?