Dalam beberapa dekade terakhir, reputasi kopi naik turun dengan begitu cepat. Pada tahun 1991, WHO menggolongkan kopi sebagai “kemungkinan karsinogen.” Namun, pada tahun 2016 lalu, organisasi tersebut menemukan bahwa tak ada bukti yang cukup untuk menyebut kopi sebagai salah satu karsinogen. Dan, di antara kedua kabar tersebut, sebagian besar kabar dan berita tentang kopi biasanya positif. Minum kopi secara teratur, asalkan tidak keterlaluan ya, sebenarnya baik buat kamu, karena ada banyak sekali khasiat kopi buat kesehatanmu.

Jadi, apa saja khasiat kopi yang baik buatmu? Berikut adalah di antaranya.

Kopi bisa mengurangi resiko beberapa jenis kanker

Ada lebih dari 1.000 senyawa di kopi, banyak yang memiliki komponen anti peradangan dan anti kanker di antara senyawa-senyawa tersebut. Biji kopi itu sendiri sebenarnya mengandung antioksidan, sehingga bisa membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang bisa secara potensial menyebabkan kanker.

Berdasarkan berbagai laporan, khasiat kopi ini bisa dirasakan lewat konsumsi teratur yang bisa mengurangi resiko melanoma dan leukemia, serta juga knaker prostat dan endometrial. Bahkan, pada tahun 2017 lalu, University of Southern California menemukan bahwa para peminum kopi memiliki resiko yang lebih rendah untuk menderita kanker kolorektal dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Kopi bisa mencegah diabetes tipe 2

Khasiat kopi yang ajaib lainnya adalah sebagai minuman pelawan diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang menyerang semakin banyak orang di dunia ini, dan bahkan banyak yang tidak menyadarinya. Untungnya, minum kopi, baik yang reguler maupun yang didekaf, bisa mengurangi perkembangan diabetes tipe dua. Berdasarkan analisa dari studi Universitas Harvard, semakin banyak kopi yang diminum, semakin sedikit resiko terserang diabetes tipe 2. Namun, bukan berarti kamu bisa minum sebanyak-banyaknya loh, karena kebanyakan kopi bisa menyebabkan insomnia, masalah perut, dan sakit kepala sebelah. Kopi mengandung chromium, satu jenis mineral yang membantu tubuh menggunakan insulin dengan baik, sebuah hormon yang mengatur gula darah.

Kopi mengurangi resiko Alzheimer

Satu dekade terakhir, banyak ilmuwan yang berusaha mempelajari khasiat kopi dan kaitannya dengan kepikunan atau dementia. Diperkirakan, minum kopi yang tinggi kafein bisa jadi memiliki keuntungan yang baik bagi otak. Salah satu studi kecil tentang ini melibatkan subyek tes yang menunjukkan tanda-tanda masalah ingatan. Ditemukan bahwa ternyata, selama periode 2 hingga 4 tahun, orang-orang dengan kandungan kafein rendah di darah lebih mungkin menderita dementia dibandingkan dengan mereka yang di darahnya ada kadar kafein dalam jumlah tinggi.

Kopi bisa jadi melindungi jantung

Kopi bisa juga membantumu dalam melindungi hati. Selama beberapa dekade, para pasien dengan ritme jantung abnormal disarankan untuk menjauhi kopi. Namun ternyata, sebuah studi baru tahun ini mendindikasikan bahwa kopi bisa mengurangi detak jantung hingga 13 persen. Bahkan, minum kopi secara teratur bisa mengurangi resiko kematian karena penyakit jantung dan stroke.

Banyak sekali bukan khasiat kopi?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Tidak Perlu Meminta Maaf Untuk 6 Hal Ini

Apakah kamu tipe orang yang sering meminta maaf