Diet memang bukan hal yang mudah dilakukan. Hal ini terbukti dengan banyaknya pelaku diet yang kerapkali mengeluh jika dietnya gagal dan tidak berhasil. Pada dasarnya diet itu bukan hal yang sulit jika memang mau ikut dengan aturannya. Selain itu, diet juga bukan semata untuk mengubah penampilan saja tapi lebih baik ditujukan pada kesehatan.

 

Salah satu pantangan yang banyak diketahui oleh para pelaku diet adalah dengan tidak diperkenankan untuk menyantap camilan. Jika kamu masih menganggap demikian, maka mulai sekarang pendapat itu harus kamu hapuskan dari pikiranmu. Meski kamu sedang diet, tapi kamu masih boleh untuk ngemil kok. Tapi, ketika diet ada hal penting yang harus kamu pahami sehingga diet tidak terganggu, yakni:

 

Ngemil dalam waktu tiap 3 atau 4 jam sekali

Untuk hal pertama yang bisa kamu perhatikan adalah jadwal ngemildan kapan untuk memulainya. Untuk itu ada baiknya mulai hitung jam kamu makan dan upayakan agar tiap 3 atau 4 jam konsumsi sesuatu dengan tidak berlebihan. Ngemil dengan jumlah yang sedikit tapi sering sangat baik untuk tubuh kamu dibanding dengan ngemil sekali tapi jumlahnya besar. Ini karena gula darah akan bisa cenderung terkontrol.

 

Perhatikan asupan nutrisi di tiap camilan yang kamu pilih

Ngemil memang boleh, tapi bukan berarti kamu bisa sembarangan dalam memilih camilan. Meski memang camilan adalah makanan selingan semata, tapi ada baiknya kamu memilih camilan yang sehat dan senantiasa memperhatikan kandungan gizi yang ada di camilan itu. Camilan yang kamu santap setidaknya harus memiliki kandungan 5 gram protein dan batasi kandungan gulanya. Penting sekali untuk diperhatikan karena memang meski jumlah yang disantap tidak banyak tapi juga tetap memberi pengaruh ke tubuh.

 

Kurangi camilan kemasan

Siapa yang tak kenal dengan camilan kemasan dengan rasa gurih dan enak? Tak heran jika sekali mengemil saja bisa menghabiskan beberapa bungkus dan masih juga tak pernah puas. Perut tak terasa kenyang, lidah terasa terus nikmat. Namun, kamu harus tahu jika camilan semacam itu memiliki kandungan minyak dan garam yang begitu tinggi. Untuk itu, kamu harus kurangi camilan semacam ini. Sesekali boleh, tapi ada baiknya ganti camilan dengan yang bernutrisi dan sehat. Kamu bisa pilih kacang almond, buah, sayur hingga makanan dari gandum. Tetap enak, tapi sehat.

 

Perhatikan jumlah kalorinya

Tak hanya dari segi nutrisinya saja, tapi dari segi kalori juga wajib sekali untuk diperhatikan. Kalori sendiri amat berpengaruh pada kesehatan. Untuk aturan dari segi kalori sendiri setidaknya batasannya adalah sampai 500 kalori. Jangan sampai berlebihan lho ya karena jika berlebihan pun tidak baik.

 

Hindari camilan yang dijadikan sebagai prioritas

Meski ngemil saat diet itu diperbolehkan, tapi jangan jadikan camilan menjadi prioritas santapan kamu. Ada baiknya kamu untuk menjadikan makan utama 3 kali sehari dengan teratur. Camilan itu fungsinya hanya sebagai selingan saja. Untuk itu, PR utama kamu saat diet adalah dengan memperhatikan segala macam asupan baik makan utama atau makan camilan.

 

Baca Juga :

Mengenal Jenis Diet Yang Paling Berbahaya Untuk Dipraktikkan

Hati-Hati! Ini Beberapa Tanda Diet Kamu Gagal

Mulai Program Dietmu Dengan 3 Langkah Penting Berikut Ini

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Girls, Mau Coba Diet? Ketahui Dulu Apa Itu Indeks Masa Tubuh

Mengalami kenaikan berat badan memang menjadi hal yang