Hampir semua orang sudah tahu jika untuk turun berat badan maka harus makan makanan sehat, minum cukup air dan rutin olahraga. Namun, sampai sekarang selalu ada saja yang masih bertanya tentang bagaimana cara turun berat badan. Jika kamu juga termasuk demikian, maka kamu juga harus tahu tentang kalori. Jika membicarakan berat badan, maka kamu pun pastinya tak akan lepas dari pembicaraan tentang kalori yang harus dibakar demi penurunan berat badan.

Dalam hal membakar kalori, maka olahraga adalah wajib hukumnya. Tapi memang acuan seberapa banyak pergerakan yang harus kamu lakukan memang masih membingungkan. Ini karena ada banyak faktor mulai dari tujuan penurunan berat badan, cara membakar kalori hingga konsumsi makanannya. Inilah ulasan yang harus kamu tahu.

Sebesar 3.500 – 7.000 kalori harus dibakar per minggunya

Jika kamu ingin menurunkan berat badan setidaknya 1 kg per minggu dimana masih terbilang aman, maka kamu harus membakar 3.500 hingga 7.000 kalori dalam seminggu. Ini berarti kamu harus membakar 500 sampai 1.000 kalori tiap harinya yang dikonsumsi. Untuk wanita, kalori per hari yang dibutuhkan adalah 2.000 dan untuk pria adalah 2.500.

Pelan tapi pasti

Banyak sekali pelaku diet yang berusaha untuk menurunkan berat badan secara cepat dan instan. Cara yang ditempuh pun banyak sekali mulai dari minum obat diet, makan dengan porsi sangat sedikit, atau bahkan melakukan diet ekstrim. Memang berat badan bisa turun dengan cepat, tapi efek sampingnya pun juga bisa berbahaya untuk kesehatan. Kamu bisa kehilangan massa otot hingga menjadikan kamu tak bertenaga. Untuk itu disarankan melakukan diet yang sehat. Meski penurunan berat badannya pelan, tapi lebih pasti.

Olahraga itu wajib

Olahraga memiliki manfaat untuk bisa membakar kalori serta menjaga massa otot. Apabila kamu berusaha mengurangi kalori tapi tanpa olahraga, maka tubuh bisa mengambil dari segi massa otot. Padahal, kamu harus tahu jika otot butuh kalori untuk bisa menopang tubuh dan tingkatkan metabolisme lho. Untuk itulah olahraga itu hukumnya wajib jika kamu memang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Membakar kalori dengan berlatih kardio

Kardio merupakan latihan dengan melibatkan denyut jantung di jangka waktu panjang. Beberapa contoh olahraga yang berhubungan dengan kardio yakni berlari, berenang dan bersepeda. Latihan kardio seperti ini akan bisa membakar kalori lebih cepat dibanding dengan latihan kekuatan. Namun, jika tujuan kamu adalah mengembangkan massa otot, maka latihan kekuatan lebih disarakan.

Latihan kardio selama 200 – 300 menit untuk target bakar kalori

Jika kamu mampu melakukan kardio selama 200 hingga 300 menit, maka bisa diperkirakan bahwa 2.000 hingga 3.000 kalori akan terbakar. Waktu tersebut bukan untuk sehari kok ladies, tapi seminggu. Cara ini akan menjadikan berat badan pun bisa turun dengan signifikan lho setidaknya 1 kg per minggunya. Jika kamu bisa rutin melakukannya, maka target penurunan berat badan berapapun rasanya akan logis. Untuk itu pastikan lakukan olahraga jika kamu memang ingin turun berat badan dengan serius.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/mengenal-jenis-jenis-oat-yang-mana-terbaik-untuk-diet/

http://www.tampilcantik.com/perhatikan-kenaikan-berat-badanmu-inilah-kebutuhan-kalori-saat-hamil/

http://www.tampilcantik.com/mengenal-stevia-si-manis-rendah-kalori-yang-bisa-jadi-pengganti-gula/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

3 Fakta Nutrisi Ini Adalah Mitos, Jangan Percaya!

Mitos tentang nutrisi telah beredar luas dan dipercaya