Mitos terbesar yang menjadi mangsa banyak orang adalah keyakinan tentang cara diet yang sempurna. Pada dasarnya, tidak ada diet yang sempurna dan baik bagi semua orang, karena tubuh masing-masing orang berbeda. Untuk itu, diet terbaik untuk seseorang belum tentu baik untuk orang lain.

Namun, terlepas dari tidak adanya diet yang bisa menjadi patokan secara umum, terdapat fakta menarik tentang diet yang didasarkan pada usia. Setiap rentang usia memiliki karakteristik khusus sehingga ada beberapa makanan yang harus dihindari dan ada makanan yang wajib dikonsumsi demi mempertahankan tubuh yang sehat dan bugar. Berikut adalah daftar diet yang paling tepat sesuai usia

  • Diet Untuk Remaja

Pada tahap ini, tubuh kamu tumbuh dan berkembang, oleh karena itu kamu membutuhkan banyak nutrisi. Bagi remaja, diet dengan melewatkan sarapan adalah hal yang salah. Jika kamu termasuk dalam kelompok usia ini, biasakan sarapan setiap hari. Kamu tidak harus membuang dan menghindari semua camilan favorit kamu, melainkan kurangilah jumlah porsinya. Selain camilan, kamu juga perlu mengurangi porsi junk food yang sering kamu makan. Jangan lupa untuk mengonsumsi banyak  kalsium, protein dan makanan kaya zat besi.

  • Diet Untuk Usia 20-an

Saat kamu berusia 20-an, ini saatnya kamu mengganti junk food dengan makanan sehat! Gantilah keripik kentang favoritmu kamu dengan popcorn atau ubi jalar. Kamu juga bisa muai beralih camilan, gantilah milk chocolate dengan dark chocolate.  Jika kamu sering makan es krim, kamu juga bisa mulai menggantinya dengan yogurt yang lebih sehat dan lebih rendah lemak. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang kaya lemak omega-3 dan asam folat, seperti sayuran berdaun hijau, roti gandum utuh, kacang kenari, ikan salmon dan biji chia.

  • Diet Untuk Usia 30-an

Bagi kamu yang termasuk kategori usia 30-an, kamu perlu mengonsumsi makanan yang dapat membentuk otot dan membuat tulang lebih kuat. Konsumsilah makanan kaya protein seperti telur, biji-bijian, kacang-kacangan, produk kedelai, dada ayam, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memasukkan susu dan yogurt ke dalam menu harian kamu untuk memperkuat tulang. Bila perlu, kamu bisa mengonsumsi suplemen untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.

  • Diet Untuk Usia 40-an

Di usia ini, kamu perlu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, pastikan kamu memasukkan serat ke dalam menu harianmu. Makanlah sayuran seperti brokoli, biji-bijian utuh dan kentang. Jauhilah fast food dan jika kamu sangat menginginkannya, alih-alih membeli burger daging, kamu bisa menggantinya dengan burger vegetarian yang lebih sehat. Makanan vegetarian sangat sehat dan kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh kamu. Perbanyak konsumsi produk susu tanpa lemak, buah-buahan dan sayuran segar. Pastikan kamu selalu mengonsumsi cukup protein setiap harinya.

  • Diet Untuk Usia 50-an

Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat metabolisme tubuh kamu menurun. Itulah mengapa kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna tubuh. Saat kamu berusia 50-an, kamu harus mengganti susu sapi dengan susu almond dan ganti sereal biasa dengan sereal bebas gula. Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, makanlah alpukat, brokoli, blueberry, kacang dan bayam. 

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/diet-dry-fasting-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/

http://www.tampilcantik.com/7-manfaat-kesehatan-dari-diet-puasa/

http://www.tampilcantik.com/tips-diet-bagi-pencinta-kopi/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Makanan dan Minuman yang Akan Meningkatkan Kesehatan Wanita

Wanita memiliki sejumlah kebutuhan nutrisi yang unik, sehingga