Duduk dalam waktu yang  lama dapat meningkatkan masalah mobilitas di kemudian hari, klaim para ilmuwan. Periode duduk dan menonton televisi yang berkepanjangan menyebabkan THREE FOLD meningkatkan risiko pengembangan kesulitan berjalan di kemudian hari, sebuah penelitian baru telah membuktikan. Studi tersebut, yang diikuti oleh sekelompok orang sehat berusia antara 50 dan 71 selama 10 tahun, mendapati bahwa duduk berkepanjangan sangat berbahaya bila dikombinasikan dengan tingkat aktivitas fisik yang rendah. Peserta yang menonton TV 5 jam atau lebih memiliki risiko 65% lebih tinggi melaporkan cacat mobilitas di akhir studi, dibandingkan dengan mereka yang menonton TV dalam jumlah sedikit (kurang dari 2 jam per hari) – terlepas dari tingkat  aktivitas fisik mereka.

Namun, mereka yang memiliki tiga jam per minggu atau kurang aktivitas fisik ternyata lebih cenderung mengalami kesulitan berjalan pada akhir penelitian. “Duduk dan menonton TV dalam waktu lama (terutama di malam hari) menjadi salah satu hal paling berbahaya yang bisa dilakukan orang tua,” kata Profesor Loretta DiPietro, penulis utama studi dari George Washington University di Washington, DC. Studi ini muncul seminggu setelah Public Health England mengumumkan bahwa Inggris menghadapi bom timbangan kesehatan yang mengejutkan karena tidak aktif.

Survei tersebut menunjukkan bahwa lebih dari enam juta orang setengah baya orang Inggris gagal mengelola jalan cepat 10 menit dalam sebulan. “Seiring bertambahnya usia, semakin sedikit kita menggunakan otot kita, semakin buruk ukuran dan kualitasnya,” kata Dr James Brown dari Aston University dan wali dari British Society for Research on Aging.

Jadi, jika kamu memang suka menghabiskan waktu yang lama didepan TV, mulai sekarang kamu harus menguranginya. Walaupun menonton TV adalah hal yang mengasyikkan, tetapi hal ini tidak baik untuk kesehatan kamu. selain menyebabkan masalah mobilitas di kemudian hari, terlalu lama duduk didepan TV juga akan memiliki pengaruh buruk untuk mata kamu. Boleh menonton TV tetapi seperlunya saja dan jangan sampai seharian menghabiskan waktu didepan TV.

Selain terlalu lama duduk didepan TV, menghabiskan waktu terlalu lama duduk untuk bekerja juga dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan. Jadi, jika kamu memang termasuk orang yang mengabiskan banyak waktu untuk duduk karena pekerjaan, sebaiknya berapa jam sekali kamu melemaskan badan dan otot dengan berjalan disekitar kantor.  Jadi, badan dan otot kamu tidak akan terlalu kaku.

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Siap-Siap, Inilah Ketidaknyamanan Di Kehamilan Trimester Ketiga Yang Harus Kamu Hadapi

Kehamilan pastinya menjadi momen yang begitu membahagiakan untuk