garam

Garam adalah bumbu pokok yang selalu digunakan untuk masakan. Kita bisa memasak masakan lezat tanpa menggunakan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, ataupun daun salam. Tetapi kamu tidak bisa membuat masakan lezat tanpa menggunakan garam. Karena dengan menggunakan garam akan membuat masakan menjadi gurih. Tetapi walaupun begitu, jangan sampai kamu mengonsumsi garam terlalu berlebihan. Karena mengonsumsi garam terlalu berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan. Kamu gak mau dong jika kesehatan kamu memburuk gara-gara garam. Lalu apa alasan apa saja yang membuat kita harus mengurangi garam? Yuk kita lihat sekarang apa alasannya.

  1. Membuat Mulut Kering

Kamu pasti pernah merasa mulut kering dan haus yang tidak berkesudahan. Hal ini biasanya disebabkan karena kamu mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan. Jadi kurangi mengonsumsi garam mulai dari sekarang, karena hal ini juga bisa membuat kamu dehidrasi.

  1. Meningkatkan Resiko Darah Tinggi

Penyebab utama darah tinggi adalah garam. Jadi jika kamu terlalu bnayak mengonsumsi garam akan menyebabkan risiko darah tinggi. Dan jika sudah parah, hal ini juga akan meningkatkan obesitas, jantung, dan stroke. Jadi jika kamu mempunyai riwayat darah tinggi ataupun tidak, kamu harus memulai mengurangi konsumsi garam yang berlebihan.

  1. Mengurangi Risiko Sakit Kepala

Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi garam akan meningkatkan risiko sakit kepala, obesitas, dan rasa cemas. Sakit kepala yang dirasa bisa karena sakit kepala biasa atau karena sakit kepala akibat adanya risiko tekanan darah tinggi. Karena sudah dijelaskan di atas bahwa mengonsumsi garam yang berlebihan akan menyebabkan risiko darah tinggi.

  1. Kanker Perut

Dalam garam mengandung helicobacter pylori yang berkonstribusi menyebabkan gangguan kesehatan lambung, seperti penyakit mag dan kanker. Karena dengan mengonsumsi garam yang berlebihan akan merusak lapisan perut kamu yang akan membuat rentan terhadap bakteri dan meningkatkan risiko kanker perut.

  1. Kembung

Kembung biasanya disebabkan karena kamu kebanyakan minum, yang membuat retensi air dalam tubuh. Ternyata garam yang kamu konsumsi garam, yang berlebihan juga menyebabkan retensi air dalam tubuh. Karena selain mengikat lemak, garam juga mengikat air dalam tubuh.

  1. Obesitas

Obesitas biasanya disebabkan karena konsumsi gula yang berlebihan. Tetapi ternyata mengonsumsi garam yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab orang terkena obesitas. Karena garam juga mampu mengikat lemak dalam tubuh, yang akan menyebabkan kenaikan berat badan.

  1. Hilangnya Kepadatan Tulang

Dalam garam mengandung natrium, jika kamu mengonsumsi garam terlalu berlebihan maka akan membuat natrium menumpuk dalam tubuh. Dengan natrium yang tinggi akan membuat tulang kamu menjadi lemah. Jadi jika kamu mengonsumsi garam yang berlebihan akan meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

  1. Gangguan Ginjal

Dengan mengonsumsi garam yang berlebihan akan membuat kalsium yang berlebih pada tubuh dan mengganggu kerja ginjal. Dan garam juga membuat tekanan darah menjadi tinggi yang akan merusak kesehatan ginjal.

Baca juga Tips Mudah Lenyapkan Komedo di Hidung Menggunakan Garam dan Air Hangat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Diet Kaya Lemak Sebenarnya Bisa Membantu Kamu  Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang dilakukan