Tidak ada yang lebih menyebalkan di musim pancaroba atau musim hujan selain musim flu yang juga ikut-ikutan melanda. Harus membatalkan rencana-rencana akhir pekan dan olahraga sehingga kamu bisa tiduran di kamar sambil meratapi hidung buntu dan sakit kepala jelas bukanlah hal yang menyenangkan. Bahkan, nonton episode-episode Game of Thrones secara marathon pun tidak cukup untuk membuat pengalaman itu menjadi tidak menyebalkan. Untungnya, walaupun tidak ada penyembuhan instan untuk flu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan tanpa harus minum obat untuk mempercepat penyembuhanmu.

Lakukan hal-hal alamiah ini ketika musim flu melanda dan kamu mulai merasa tidak enak badan.

Mandi dengan air panas

Jika kamu mulai merasa tubuhmu pegal-pegal, pusing, dan hidung mulai buntu saat musim flu tiba, maka salah satu cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan mandi air panas dengan uap yang nyaman. Bukan saja ini rasanya akan begitu menyegarkan dan memanjakan di musim hujan-hujan yang lembab, tetapi uap dari air panas ini akan membantu membersihkan sumbatan dan membuka saluran pernapasanmu, sehingga kamu akan bisa bernapas dengan lebih mudah dan membuat inhaler jika kamu menggunakannya akan bekerja jauh lebih efektif.

Minum banyak cairan, tapi hindarilah kopi

Untuk bisa segera lepas dari flu, adalah hal yang penting untuk minum cairan sebanyak mungkin. Terus terhidrasi membantu tubuhmu agar berfungsi lebih optimal dan membuat membran lendir di tenggorokanmu menjadi terlibrikasi. Karena itu, saat musim flu tiba, satu hal yang harus kamu lakukan setiap saat adalah minum air putih dan cairan sehat lain. Sayang, kopi dan alkohol bukan termasuk cairan baik ini. Kopi dan alkohol sama-sama akan membuatmu justru lebih terdehidrasi, sehingga buruk bagi tenggorokan dan kesehatanmu secara keseluruhan. Lebih baik, kamu hanay mengkonsumsi madu, air, dan jus.

Kumur dengan air garam

Saat musim flu tiba, gejala awal yang kamu rasakan mungkin adalah mengalami sakit tenggorkan. Dan, bagi banyak orang, ini juga merupakan gejala yang paling tidak enak dari flu. Namun, kamu mungkin bisa mengusir sakit tenggorokan dengan bantuan air garam. Membersihkan tenggorokanmu dengan air garam, seperti berkumur, terbukti mampu membuat rasa perih atau sakit pada tenggorokanmu menjadi lebih reda. Coba campurlah setengah sendok teh garam pada segelas air hangat lalu gunakan ini untuk berkumur atau membersihkan tenggorokanmu. Agar rasanya lebih enak, kamu juga bisa menambahkan madu.

Jangan remehkan kekuatan semangkuk sup ayam

Walaupun saat musim flu tiba dan kamu merasa kondisimu buruk kamu mungkin jadi tergoda untuk mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat, tetapi jagalah sistem kekebalan tubuhmu tetap kuat dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Makanan-makanan ini akan melawan flu dengan cepat.  Lemon dan jenis buah citrus lain, bawang bombay, dan bawang putih terbukti mampu memperkuat pertahanan tubuh. Dan, jangan lupakan sup ayam! Menurut riset, sup ini punya dampak anti inflamasi yang bisa meredakan peradangan dan membuat sakitmu jadi lebih cepat pergi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rutin Stretching Selama 8 Menit Bisa Mengubah Hidup Kamu

Apakah kamu malas berolahraga? Suka atau tidak suka,