Ia tidak berkomitmen padamu. Ia mungkin punya banyak sekali alasan kenapa ia menjauhi komitmen. Dan beberapa dari alasan-alasan tersebut mungkin memang valid, tetapi meski demikian, apakah sebenarnya ia peduli padamu? Kamu tidak akan tahu. Namun, yang jelas, kamu tidak boleh terjebak dalam hubungan ini dengan ekspektasi dan asumsi yang salah. Kamu harus tahu bahwa satu hal yang benar: ia tak benar-benar mencintaimu. Karena, jika ini adalah perasaan yang dirasakannya, maka ia akan menyelesaikan masalah apa pun yang dimilikinya dan berkomitmen padamu.

Jangan pernah percaya alasan-alasan ini, ia hanya sedang berusaha menjauhi komitmen denganmu.

“Aku belum siap”

Ini adalah sebuah alasan yang sudah sangat basi tapi aehnya tak pernah ketinggalan jaman. Ia akan berkata padamu bahwa ia bukannya sedang sengaja menjauhi komitmen, melainkan hanya benar-benar belum siap. Mungkin ia bilang ia masih trauma karena sempat putus setelah pacarana lama, atau karena pernikahan yang tidak pernah terjadi padahal sudah sempat bertunangan. Mungkin, ia memang belum siap. Tetapi jika kamu memang tidak punya kesabaran atau daya untuk menunggunya, tak perlu memaksakan dirimu. Ingatlah bahwa bertunangan. Mungkin, ia memang belum siap. Tetapi jika kamu memang tidak punya kesabaran atau daya untuk menunggunya, tak perlu memaksakan dirimu. Ingatlah bahwa belum tentu pada akhirnya ia mau berkomitmen denganmu setelah berhasil menyelesaikan permasalahan apa pun yang dimilikinya.

“Aku masih ingin membiarkan kesempatan terbuka.”

Ini lebih jarang diungkapkan, dan jika kamu mendengar seseorang mengungkapkan alasan ini untuk menjauhi komitmen, bersyukurlah. Setidaknya ia jujur dan kamu tidak perlu repot-repot lagi menemukan motivasi tersembunyinya. Namun, sadarilah bahwa saat ini, dan entah untuk sementara atau bahkan selamanya, kamu bukan orang yang tepat buatnya. Mungkin suatu hari ia akan menyadari seberapa istimewanya dirimu, tapi mungkin juga ia tak akan pernah melakukannya. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Kamu juga sebaiknya ke luar dan mengencani yang lain jika sangat susah untuk bersamanya. Lepaslah ia ke dunia dan lihat apakah ia akan kembali padamu. Sementara ini, teruslah mencari orang yang mengingikanmu sebanyak kamu emnginginkannya.

“Aku nggak bisa janji apa-apa.”

Tentu, ia menyukaimu jadi tidak mau kamu pergi jauh-jauh, tetapi ia tak cukup mencintaimu untuk berkomitmen dan berhenti berpetualang. Jadi, ia akan menemuimu dan menghabiskan waktunya buatmu tetapi ia akan menjauhi komitmen denganmu karena ia tak ingin membuat janji yang tidak bisa ia tepati. Kamu sebaiknya mencari yang lain.

“Aku nggak bisa melihat masa depan denganmu.”

Ia mungkin adalah seseorang yang baik dan baik buatmu, namun ia tak bisa berkomitmen denganmu. Alasannya? Mungkin karena memang ia merasa tidak cocok denganmu dan tak bisa merencanakan amsa depan denganmu. Ia tak mencintaimu dan karena itu sebaiknya kamu mencari yang lain buatmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Tanda-Tanda Kamu Pacaran dengan Cowok Nggak Baik yang Tak Bisa Bersyukur

Dunia kencan seringkali aneh. Di satu sisi, ada