Sebagai seorang wanita, pernahkah kamu merasakan selangkangan yang gatal dan hitam? Jika sudah, hal ini tentu saja akan membuat kamu tidak nyaman. Apalagi jika kamu sedang berada di tempat umum, kamu tidak mungkin menggaruk bagian tersebut. Selain itu, dengan memiliki selangkangan yang hitam juga akan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Apalagi saat berenang dan harus menggunakan pakaian renang atau bikini, pasti kamu akan merasa tidak nyaman dengan hal ini. Selangkangan adalah area yang sensitif yang harus dijaga kebersihannya. Karena daerahnya yang lembab dan tertutup akan membuat bakteri dan jamur mudah berkembang. Ini juga menjadi salah satu penyebab masalah selangkangan gatal dan hitam. Tetapi tidak hanya itu saja, karena ada beberapa penyebab yang bisa membuat selangkangan menjadi gatal dan hitam. Penasaran? Yuk kita lihat sekarang, inilah beberapa penyebab yang membuat selangkangan menjadi gatal dan hitam, antara lain :

  1. Infeksi Bakteri atau Jamur

Penyebab pertama yang membuat selangkangan gatal dan hitam yang harus kamu tahu adalah karena infeksi bakteri dan jamur. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, selangkangan adalah daerah yang lembab dan tertutup, sehingga akan mudah bakteri dan jamur berkembang didalamnya. Karena kurang bersih menjaganya, seperti menggunakan celana dalam saat basah, dan juga jarang ganti pakaian dalam, hal ini akan memicu timbulnya bakteri dan jamur. Jika terus menerus dibiarkan, akan membuatnya terus berkembang biak. Jadi, kamu harus lebih hati-hati lagi untuk menjaga kebersihan daerah vagina dan selangkangan kamu.

  1. Kegemukan

Penyebab selanjutnya yang membuat selangkangan gatal dan hitam yang harus kamu tahu adalah karena kegemukan. Ternyata orang yang gemuk lebih banyak mengalami hal ini daripada orang yang kurus. Kenapa? Karena orang gemuk memiliki paha yang besar, sehingga akan membuatnya lebih sering mengalami gesekan kulit paha. Dan hal ini tidak dialami oleh orang yang memiliki tubuh kurus. Gesekan tersebutlah yang membuat selangkangan menjadi lembab karena keringat dan juga menghitam.

  1. Menggunakan Celana Terlalu Ketat

Penyebab selanjutnya yang membuat selangkangan gatal dan hitam yang harus kamu tahu adalah karena menggunakan celana terlalu ketat. Menggunakan celana terlalu ketat memang tidaklah baik untuk seorang wanita. Selain membatasi sirkulasi udara yang masuk, hal ini juga menyebabkan bagian selangkangan tidak bisa bernapas. Sehingga akan terasa gatal pada selangkangan karena bakteri dan jamur. Sel kulit mati juga akan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap. Jadi, akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan celana yang terlalu ketat yang hanya akan menyiksa kamu sendiri. Karena kamu juga harus memikirkan kesehatan kamu.

Baca juga Yakin Masih Mau Tidur Dengan Mengenakan Dalaman?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah 7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mencegah Flu

Di musim yang sangat tidak menentu seperti saat