Biasanya, perempuan kalau mau menghadapi ujian atau tes pekerjaan akan mengalami stres. Karena stres inilah, tidak jarang timbullah jerawat di area wajah yang pada akhirnya sering kali membuat rasa tidak percaya diri dalam berpenampilan muncul. Tak hanya pikiran, sebenarnya kulit pun juga bisa mengalami stres. Sayangnya, masih banyak kaum hawa yang tidak menyadari akan hal itu.

Dr. Gloria Novelita, SpKK mengatakan bahwa kulit stres atau yang juga disebut sebagai skin stressors dapat dialami oleh siapa saja. Terutama, bagi mereka yang lebih banyak beraktivitas di perkotaan. Skin stressors sendiri dikatakan bisa terjadi karena beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut antara lain adalah adanya polusi udara, pengaruh sinar UV, pola diet salah yang merusak kulit karena kalorinya tinggi hingga pemakaian make up atau skin care iritatif.

 gloria-01

“Skin stressors dapat menyebabkan kulit menjadi buruk. Karena radikal bebas merupakan suatu proses yang menyebabkan terjadinya gangguan pada tubuh, hal ini sering kali akan mengakibatkan kulit menjadi tampak kusam, pori-pori membesar, komedo dan berjerawat,” ungkap dr. Gloria kepada Vemale di kawasan Jakarta pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2016.

Menurutnya, kulit wajah perempuan khususnya anak remaja tidak ada masalah secara alami bahkan bisa memperbaiki dengan sendirinya. Akan tetapi, di masa sekarang ini kulit bisa stres. Untuk mendapatkan kulit sehat selain lifestyle yang diperbaiki, pakai produk yang bahannya alami, ringan dan nyaman saat digunakan.

“Deskripsi kulit sehat itu yang seperti apa? Jawabnya ya kulit itu memiliki permukaan halus, warna kulit harus merata, tidak ada spot-spot gelap. Dan kelembaban kulit wajah harus baik, kalau kulit kering dan kulit berminyak tidak baik, jadi harus kenyal. Di wajah tidak ada jerawat, komedo maupun flek. Permukaan kulit juga tidak berminyak atau kering,” tambah dr. Gloria.

Menurut dokter Gloria, bila kita sudah mengetahui jika kulit wajah mengalami stres, disarankan agar kita langsung mengatasinya. Kalau sudah tau kulit kita stres, kita pun bisa langsung mengatasinya agar kulit menjadi lebih sehat dan kinclong pun dengan mudah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Setelah Rambut Diwarnai

Suka Mewarnai Rambut? Ternyata Ini Hal Penting yang