Seperti yang sudah banyak kita ketahui, bahwa air putih mempunyai segudang manfaat untuk tubuh kita. Minimal dalam sehari kamu harus minum delapan gelas air putih. Selain bermanfaat untuk kesehtan, minum air putih juga sangat bagus untuk kecantikan kita. Saking pentingnya, kita tidak akan bisa hidup tanpa mengonsumsi air putih. Walaupun air putih itu penting dan mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita, ternyata ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita berhenti minum air putih. Selain mempunyai batas minimal minum air putih, ternyata air putih juga mempunyai batas maksimal konsumsi. Lalu kondisi yang bagaimana yang mengahruskan kita berhenti air minum? Inilah beberapa kondisi yang mengharuskan kamu berhenti minum air putih, antara lain ;

  1. Setelah Terlalu Banyak Makan

Related image

Kondisi pertama yang mengharuskan kamu berhenti minum air putih adalah setelah terlalu banyak makan. Kebiasaan kebanyakan orang adalah akan minum setelah makan, apalagi jika kamu mengonsumsi makanan yang pedas. Tetapi hal yang harus kamu tahu adalah jika minum setelah perut terasa kenyang maka hal ini hanya akan mengganggu sistem pencernaan. Karena memang kamu harus berhenti makan sebelum merasa kenyang dan setelah itu meminum air putih. Dan satu hal lagi yang harus kamu ketahui, jangan minum ditengah makan, karena hal ini dapat merusak napsu makan kamu.

  1. Jika Urin Berwarna Jernih

Image result for urin berwarna jernih

Kondisi selanjutnya yang mengharuskan kamu berhenti minum air adalah jika urin kamu berwarna jernih. Karena jika urin berwarna jernih, maka tubuh kamu kelebihan cairan. Warna urin memang dapat menentukan kondisi tubuh kamu. Dan jika urin kamu berwarna keruh, berarti kamu sedang kekurangan cairan atau sedang mengalami infeksi saluran kemih. Jadi tolong diperhatikan yaa.

  1. Terlalu Banyak Minum Setelah Berolahraga

Image result for minum setelah olahraga

Kondisi selanjutnya adalah terlalu banyak minum setelah berolahraga. Sebenarnya minum air putih dibutuhkan sebelum olahraga dan bukan setelah olahraga, hal ini karena agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. dan minum air putih terlalu banyak setelah olahraga akan membuat perut terasa nyeri. Jadi walaupun kamu merasa haus setelah olahraga, kamu harus menahannya agar tidak terlalu banyak meminum air putih.

  1. Jika Sudah Merasa Cukup Banyak Minum

Related image

Minum air putih memang sangat oenting, tetapi terlalu bnayak minum air putih juga memberikan efek yang tidak bagus untuk tubuh. Dalam sehari tubuh hanya bisa menyaring 800-1000 ml air atau 16 gelas air putih. Jumlah maksimal ini akan membuat ginjal menyaring 4 gelas air setiap jamnya. Jadi jika kamu terlalu berlebihan mengonsumsi air putih akan membuat ginjal mengalami masalah.

Minum air putih memang bagus untuk tubuh. Tetapi jika kamu mengonsumsinya terlalu berlebihan, hal ini juga dapat menimbulkan efek yang tidak baik.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah Tips untuk Traveling yang Ramah Lingkungan

Kamu sedang merencanakan liburan akhir tahun? Kota mana