Setiap hari, sekitar 67 persen karyawan yang bekerja di kantor makan siang di meja kantor mereka. Bahkan, kamu mungkin termasuk salah satunya. Kamu mungkin mengonsumsi sandwich atau semangkuk sup atau bahkan nasi yang kamu bungkus dari rumah selagi kamu menatap layar computer, dan kamu mungkin tidak sendirian. Kamu mungkin punya berbagai alasan sendiri, semisal, untuk menyelesaikan pekerjaanmu daripada harus pulang lebih lama, untuk menunjukkan kepada atasanmu bahwa kamu berkomitmen, atau karena kamu tidak enak melihat teman-temanmu yang tidak meninggalkan mejanya saat makan siang.

Padahal, ini adalah hal yang buruk. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh makan siang di meja kantor.

Kamu jadi makan lebih banyak

Pernah mengalami saat-saat ketika kadang-kadang kamu mulai makan siang, lalu, beberapa menit kemudian, kamu sadar bahwa kamu sudah menyuapi dirimu sendiri dengan suapan terakhir? Ini namanya adalah makan terdistraksi atau mindless eating, dan ini hanya satu saja dari banyak alasan mengapa banyak orang menjadi obesitas. Karena itu, kamu sebaiknya tidak makan sambil menatap layar, baik komputer, ponsel, maupun televisi jika tak ingin tubuh dan otakmu tidak bisa memproses seberapa banyak makanan yang telah masuk ke dalam mulutmu dengan benar. Ketika kamu makan siang di meja kerja sambil mengerjakan tugasmu, hormon leptin di tubuhmu jadi seringkali terlambat memberi sinyal kepada otak bahwa sudah waktunya berhenti makan. Jadi, tak heran kalau kamu jadi makan lebih banyak dan akhirnya program dietmu malah jadi berantakan.

Kamu memilih makanan yang tidak sehat

Survey yang dilakukan dari Forza Supplements menemukan bahwa orang-orang yang makan siang di meja kantor lebih cenderung mengonsumsi makanan yang bisa membuat gendut sepanjang hari. Artinya, mereka mengonsumsi makanan yang lebih tidak sehat pada saat makan siang. Makanan-makanan ini memberikan ratusan ekstra kalori yang tidak dibutuhkan, hanya karena malas pergi keluar dan mencari makanan sehat. Ditambah lagi dengan kurangnya gerakan dan hanya duduk diam saja di depan komputer, maka kamu bisa jadi semakin gendut!

Kamu duduk lebih lama

Memang, kamu mungkin harus berjalan dari dapur kantor ke meja kerjamu untuk membawa makananmu dan perabotan makanannya. Namun, jika kamu tidak makan di meja kerja, dan memilih makan di luar, di kantin, atau bahkan di ruang santai di kantormu, kamu mungkin berkesempatan untuk ngobrol dengan rekan kerjamu di koridor atau di tempat lain yang membuatmu jadi tidak terlalu banyak duduk. Apalagi jika kamu berjalan agak jauhan untuk menemukan tempat yang asyik buat makan, maka kamu akan jadi makin sehat dengan menambahkan langkah ekstra dalam harimu.

Jadi, jangan lagi makan siang di meja kantor, ya? Buruk banget buat dietmu!

Baca juga 5 Fashion Items Ini Wajib Dimiliki Bila Kamu Pekerja Kantoran Super Sibuk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rutin Stretching Selama 8 Menit Bisa Mengubah Hidup Kamu

Apakah kamu malas berolahraga? Suka atau tidak suka,