Nasi adalah salah satu makanan pokok yang wajib ada di meja makan. Sebagai sumber karbohidrat utama, nasi meang tidak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Bahakan banyak orang yang mengatakan, belum makan namanya jika belum mengonsumsi nasi. Padahal sumber karbohidrat tidak hanya nasi saja lho. Banyak sekali sumber karbohidrat lainnya yang rasanya juga tidak kalah lezat dari nasi. Selain itu, pengganti karbohidrat selain nasi juga akan membuat kamu merasa kenyang dan juga akan memberikan energi sesuai kebutuhan kamu. jadi, buat kamu yang bosan, mungkin kamu bisa mencoba beberapa sumber karbohidarta yang lain selain nasi. Apa saja? Inilah beberapa sumber karbohidrat lain yang lezatnya tidak kalah dari nasi, antara lain :

  1. Ubi Jalar

Sumber karbohidral lain selain nasi yang rasanya tidak kalah lezat dari nasi dan harus kamu coba adalah ubi jalar. Ubi jalar memiliki rasa yang manis dan juga mengenyangkan. Kamu bisa menikmati ubi jalar hanya dengan cara mengukusnya saja, atau kamu juga bisa membuat pure ubi dan menambahkan lauk ataupun sayuran lainnya. Sama seperti nasi, ubi juga memiliki beberapa jenis, seperti ubi ungu dan juga putih. Pokonya dengan memilih ubi jalar sebagai karbohidrat kamu akan tetap merasa kenyang.

  1. Singkong

Sumber karbohidrat lain selain nasi yang rasanya tidak kalah lezat dari nasi dan harus kamu coba adalah singkong. Dengan memilih singkong sebagai sumber karbohidrat, maka akan membantu meminimalkan risiko gangguan jantung dan juga kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Setiap 100 gr singkong memiliki kurang lebih 121 kalori. Kalori tersebut dapat memenuhi kebutuhan energi yang kamu butuhkan dalam tubuh. Akan lebih baik jika kamu mengolah singkong dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau menjadikannya tepung tapioca sehingga manfaat yang terkandung didalamnya tidakl berkurang.

  1. Jagung

Sumber karbohidrat lain selain nasi yang rasanya tidak kalah lezat dari nasi dan harus kamu coba adalah jagung. Kamu juga bisa menjadikan jagung sebagai sumber karbo kamu. Kamu tidak akan bosan karena jagung bisa kamu variasikan menjadi berbagai hidangan. Kamu juga bisa menggunakan jagung manis ataupun jagung yang tawar.

  1. Aneka Jenis Pasta

Sumber karbohidrat lain selain nasi yang rasanya tidak kalah lezat dari nasi dan harus kamu coba adalah pasta. Pasta yang biasa kita makan ternyata juga memiliki kandungan karbohidrat. Mengonsumsi pasta juga tidak akan membuat gula darah dalam tubuh kamu naik. Agar kandungan gizinya semakin lengkap, sebaiknya kamu memadukannya denagan bahan makanan. Kamu juga bisa mengolah menjadi berbagai jenis sesuai dengan yang kamu inginkan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Manfaat Menguntungkan dari Mangga yang Wajib Kamu Tahu

Bila Anda menikmati mangga yang lezat dan segar