Mengapa penglihatanmu buram dan kabur? Mata kabur dan buram adalah masalah umum yang sering terjadi. Biasanya memang tak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai masalah ini. Ini bisa menjadi salah satu sinyal bahwa kacamatamu perlu diganti akibat minus yang bertambah.

Selain minus yang bertambah, ada lagi penyebab mata sering kabur. Apa saja? Yuk mari simak beberapa penyebabnya. Siapa tahu ada penyebabnya dibawah ini.

1. Kamu memerlukan kacamata baca

Presbiopi juga merupakan kesalahan bias yang sering dialami oleh kebanyakan orang setelah berusia 40 tahun. Penderita presbiopi harus membaca tulisan dengan jarak dekat, jika membaca jarak jauh, maka pandangan akan kabur.

Presbiopi dapat diatasi dengan lensa kontak maupun operasi agar pasien dapat melihat lebih baik. Jika kamu memiliki presbiopi saja tanpa masalah penglihatan yang lain,seperti astigmatisma, kacamata baca sederhana dari optik saja sudah cukup.

2. Konjungtivitis

Konjungtivitis dapat disebut juga mata kemerahan. Konjungtivitis atau mata merah disebabkan karena adanya adenovirus yang juga dapat menyebabkan flu, bronkitis, dan sakit tenggorokan.

Meski biasanya penyakit ini tidak serius,namun penyakit ini cepat sekali menyebar terutama di tempat umum dan ramai.

Biasanya konjungtivitis akan sembuh dalam satu sampai dua minggu tanpa pengobatan, tetapi jika anda memiliki gejala yang berat cobalah untuk berkonsultasi ke dokter. Sebagai pertolongan pertama,kamu bisa gunakan air es untuk mengompres mata yang gatal. Lanjutkan dengan air hangat untuk mengurangi bengkak pada mata.

Selanjutnya cucilah seprai dan sarung bantal anda agar mencegah penyebaran kuman.

3. Tidur Dengan Lensa Kontak

Jika kamu sering menggunakan lensa kontak untuk kegiatan sehari-hari, maka berhati-hatilah. Lensa kontak memang dapat memperbaiki penglihatan tanpa membebani wajah layaknya kacamata,tetapi jika lensa kontak ini tidak digunakan dengan benar, maka justru dapat mendatangkan bahaya bagi penggunanya. Mata bisa menjadi infeksi.

4. Infeksi mata

Salah satu infeksi mata yang sering menyerang adalah Herpes Keratitis. Penyebab infeksi Herpes Keratitis bisa disebabkan karena virus dan bakteri dari luar dimana orang yang terkena virus ini mengucek mata tanpa cuci tangan dan mengoper virus ini ketika berjabat tangan dengan kamu.

Perawatan yang dilakukan dapat berupa pemberian obat tetes mata dan obat-obatan (seperti antibiotik untuk infeksi bakteri. Tetapi, disarankan untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter jika obat tetes mata tidak membaik dalam beberapa hari.

5. Katarak

 

Masalah katarak biasanya muncul seiring penuaan usia. Sekitar setengah dari semua orang Amerika memiliki masalah ini. Hal ini terjadi akibat lensa di depan mata yang menjadi buram dan menghalangi cahaya yang masuk ke retina.

Katarak yang berkembang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala lain. Katarak yang tumbuh biasanya harus ditangani dengan jalan operasi untuk mengangkat lensa yang rusak dan menggantinya dengan plastik bening.

6. Glaukoma

 

 

Kondisi penglihatan yang berkaitan dengan usia lainnya disebabkan oleh tekanan ekstra pada mata yang merusak sarat opti, seperti katarak, glaukoma. Setelah penyakit glaukoma ini selesai didiagnosi, akan dibuatkan resep, dan akan dilakukan perawatan laser atau operasi yang membantu.

Penderita diabetes

Penglihatan mata kabur juga bisa disebabkan dari penyakit diabetes. Jika kamu memiliki diabetes tipe 1 atau 2 yang tidak terdiagnosis ataupun penyakit diabetes yang telah didiagnosis tetapi tidak terkontrol, ini dapat membuat kamu mengalami penyakit retinopati diabetik. Retinopatik diabetik terjadi saat pembuluh darah yang mulai rusak atau bocor pada retina mata.

 

Baca Juga Tips Atasi Mata Kering dan Untuk mencegah Kebutaan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Miliki Tubuh Indah Ala Supermodel Gigi Hadid dengan Tips Diet Berikut Ini

Tubuh indah bak model seolah sudah menjadi standar