Diare memang sangat mengganggu dan membahayakan. Walau terkesan sepele, jika terlambat ditangani, tubuh bisa kekurangan cairan dengan cepat dan akhirnya bisa fatal. Sangat penting untuk mencegah tubuh kekurangan elektrolit penting saat diare datang melanda. Terutama jika kamu dalam posisi mengandung atau sedang beraktifitas di luar rumah dalam jangka waktu yang lama. Tidak perlu kuatir, berikut cara memberikan pertolongan pertama bagi penderita diare secara alami.

Yang harus segera dilakukan

  • Sangatlah penting untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan dan elektrolit penting. Buatlah campuran oralit yang terdiri dari sodium, potasium dan klorid. Kamu bisa membuatnya dengan mencampurkan setengah sendok makan garam, 4 sendok makan gula dengan 1 liter air. Tambahkan sedikit jus jeruk atau air lemon sebagai pengganti potasium. Habiskan cairan ini sepanjang hari agar diare tidak membuatmu lemas dan kehilangan tenaga.
  • Sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang tidak berwarna dan kaya nutrisi namun mudah dicerna. Contohnya kaldu daging dan agar-agar tanpa rasa dan pewarna. Tambahkan sedikit gula dalam agar-agar sebagai tambahan energi, namun jangan sampai terlalu manis. Kaldu daging adalah sumber nutrisi dan energi yang penting karena mengandung sari-sari makanan, kamu bisa membuatnya dari daging tanpa lemak atau dada ayam dan sedikit wortel atau labu. Jangan lupa tambahkan sedikit garam sebagai perasa dan tambahan elektrolit bagi tubuh.
  • Wortel dan pisang juga sangat baik bagi penderita diare karena mereka mengandung pectin. Kukus wortel hingga empuk lalu haluskan dengan kaldu agar mudah dicerna. Pectin akan membantu menyerap kelebihan cairan di usus dan memperlambat laju diare. Selain itu, konsumsi juga yougurt organik tanpa rasa yang masih segar. Yogurt mengandung bakteri baik jenis lactobasilus yang bisa membantu melawan bakteri jahat yang menyerang sistem pencernaanmu. Hindari mengkonsumsi jus buah atau sayur-sayuran terlebih dahulu karena fruktosa dari buah dan beberapa serat dari sayuran bisa sulit dicerna lambung dan usus yang sedang rentan.

Makanan penambah energi saat diare

  • Minum teh hitam manis hangat untuk mengembalikan energi yang hilang saat diare. Air hangat bisa membantu mengurangi dehidrasi dan tannin dalam teh efektif meredakan peradangan dalam perut.
  • Blackberry juga sudah dipercaya sejak lama ampuh mengatasi nyeri dan sakit perut karena infeksi bakteri. Rebus 2 sendok makan blackberry dengan 1.5 cangkir air untuk membuat teh blackberry yang segar. Minum beberapa cangkir sepanjang hari. Bisa juga mengganti buah blackberry dengan raspberry jika sulit ditemukan.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan agar tidak menambah parah infeksi. Selalu cuci tangan dengan sabun sehabis BAB. Jika diare tidak kunjung berhenti dan tubuh semakin lemah segera hubungi dokter sebelum terlambat.

Baca juga Kalau Masih Sayang Hidup, Jangan Pernah Mengkonsumsi Makanan Ini Secara Bersamaan!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Penggunaan Deodoran Untuk Bau Badan, Amankah?

Aktivitas kesibukan harian memang menjadikan tubuh akan lebih