Apakah kamu merasakan kelelahan kronis yang kamu tak tahu sebabnya? Merasa lelah setiap hari, pikiran kurang jernih, dan selalu merasa tidak fit adalah hal yang dialami oleh cukup banyak orang. Terkadang, ini merupakan gejala penyakit berbahaya. Tetapi, ini juga bisa merupakan sebuah sindrom kelelahan kronis yang tidak berbahaya tetapi juga tidak bisa diketahui penyembuhannya. Akan tetapi, perubahan gaya hidup bisa menjadi pereda sindrom ini. Yang paling utama adalah mengganti pola makanmu.

Penggantian pola diet seperti apa saja yang bisa mengehentikan kelelahan kronis?

Mengganti karbohidrat sederhana dengan yang kompleks

Tak seperti karbohidrat kompleks, biji-bijian yang sudah terproses melalui berbagai proses penggilingan sehingga mnenghilangkan lapisan yang mengandung zat gizi, seperti serat. Karena itu, makanan seperti roti putih, pasta putih, dan sejenisnya melalui sistem pencernaan lebih cepat dibanding biji-bijian kompleks. Ini menyebabkan level gula darah naik dan dengan cepat menurun. Tak mengherankan, kamu bisa mengalami kelelahan kronis. Apalagi jika pengaturan gula darahmu lebih buruk dari rata-rata sehingga karbohidrat yang tak berisi banyak nutrisi akan meninggalkan tubuhmu tanpa membuatmu menjadi berenergi.

Karena itu, gantilah makananmu dengan karbohidrat kompleks seperti oats, barley, quinoa, atau roti gandum utuh. Maknaan-makanan ini kaya serat sehingga dicerna lebih lambat dan membuat level energimu tetap stabil.

Konsumsi lemak sehat

Seperti banyak penyakit kronis lainnya, kelelahan kronis juga terkait dengan inflamasi yang terlalu tinggi. Walaupun lemak trans dikenal bisa membuat inflamasi menjadi lebih parah, sebaliknya lemak sehat bisa membant meredakannya. Lemak sehat juga bisa mencerna amkanan dengan lambat sehingga membuat gula darah dan energi menjadi lebih stabil. Sumber-sumber lemak sehat termasuk kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, dan salmon liar. Sebaliknya, jika Kamu tidak ingin mengkonsumsi kebanyakan lemak trans, maka hindarilah makanan-makanan yang digoreng, nugget, kue-kue komersial, dan popcorn rasa mentega. Untuk membantu mengidentifikasikannya, bacalah label bahan-bahan dan cari kata terhidrogenasi.

Konsumsi makanan kaya vitamin B

Kamu juga bisa mencoba mengatasi kelelahan kronis dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan dengan vitamin B1, seperti misalnya, telur, ikan, hewan-hewan ternak. Begitu pula dengan makanan yang mengandung folat seperti daun-daunan hijau seperti brokoli dan buah-buahan jeruk. Vitmain-vitamin ini memainkan peran yang sangat penting dalam membantu mitokondria, bagian dari sel yang bertanggung jawab dalam memproduksi energi. Ketika mitokondria berfungsi dengan baik, maka kamu juga akan mendapatkan tambahan energi. Satu hal yang harus kamu ingat bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B bisa jadi tak cukup membantu jika kamu memang tak punya enzim yang dibutuhkan buat menyerap vitamin B dari makanan. Coba lakukan tes darah sederhana untuk mengetahui ini.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet yang Akan Mengubah Hidupmu

Menurunkan berat badan, terutama menurunkan berat badam dalam