Tinggal di negara tropis memberimu banyak cahaya matahari yang menyiramimu sepanjang tahun, tetapi sayangnya juga membuatmu harus tahan sering digigit nyamuk. Padahal, digigit nyamuk bukan hanya masalah remeh. Selain bisa menyebabkan iritasi pada kulitmu, beberapa jenis nyamuk juga menjadi vektor penyakit berbahaya. Karena itu, kamu harus pintar-pintar mencari cara agar nyamuk tidak lagi suka menggigitmu.

Inilah beberapa cara agar kamu tidak digigit nyamuk berdasarkan nasehat ahli.

Gunakan angin

Semua angin dengan kecepatan di atas 1 MPH bisa membuat nyamuk susah untuk terbang dan hinggap di kulitmu. Jika kamu sedang camping, maka pilihlah lokasi dengan angin yang bertiup cukup kencang. Jika kamu sedang di rumah, nyalakanlah kipas angin. Kipas angin kecil pun sudah cukup untuk membuatmu tidak digigit nyamuk. Yang jelas, arahkan kipas angin tersebut pada tubuhmu atau ke bagian bawah karena nyamuk suka terbang rendah untuk menghindari angin.

Hati-hati dengan metabolismemu

Nyamuk selalu mencari karbon dioksida sebagai indikator utama untuk mengidentifikasi sumber makanan. Ketika detak jantungmu meningkat, maka tubuhmu mengeluarkan lebih banyak CO2 daripada kondisi normal. Padahal, banyak hal bisa menyebabkan ini, mulai dari berolahraga hingga makan amkanaan pedas dan minum alkohol, segalanya yang membuat tubuhmu bermetabolisme dengan cara yang tidak biasa akan meningkatkan produksi karbon dioksidamu. Karena itu, maka kamu akan menjadi begitu menarik bagi nyamuk.  Sayangnya, kelebihan berat badan dan hamil juga bisa meningkatkan produksi karbon dioksidamu.

Pakai baju dengan kain yang benangnya rapat

Nyamuk tidak bisa mempenetrasi pakaian yang memiliki rajutan sangat rekat. Jika kamu takut digigit nyamuk, jangan memakai kain katun atau linen, tapi cobalah memakai kain dari serat sintetis, terutama pakaian atletik berteknologi tinggi. Biasanya, pakaian ini memiliki kain yang sangat rapat sehingga nyamuk-nyamuk tidak akan menggigit. Segala pakaian yang menawarkan perlindungan terhadap sang surya juga akan cukup erat untuk menghalangi gigitan nyamuk.

Jangan pakai perangkat ultrasonik

Kini, beredar banyak perangkat ultrasonik dan aplikasi ponsel yang dipasarkan sebagai alat penolak nyamuk. Biasanya, perangkat-perangkat ini diklaim menirukan suara capung. Sayangnya, ini sama sekali tidak bekerja seperti yang dijanjikan. Jangan pakai peralatan seperti ini untuk menghalangi digigt nyamuk.

Pakai baju cerah pada siang hari

Nyamuk menggunakan penglihatannya unuk mencari makanan pada siang hari. Dan karena nyamuk biasa terbang sangat dekat dengan tanah, biasanya nyamuk menemukan target dengan mencari hal-hal yang kontras dengan horizon. Warna-warna yang gelap akan terlihat menonjol, sedangkan warna cerah tidak terlalu menarik bagi nyamuk.

Waspadai jam-jam serangan puncak nyamuk

Jika kamu berada di alam bebas dan sedang camping, waspadai jam-jam pada saat matahari terbit dan terbenam. Ini karena angin biasanya mereda ketika matahari terbenam dan terbit. Karena itu. nyamuk bisa dengan mudah menyerang di alam bebas pada jam-jam seperti ini.

Baca juga Ternyata Inilah Hal yang Membuat Kita Sering Digigit Nyamuk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan

Mengenal Hal Penting Dalam Proses Penimbangan Berat Badan