Image result for konsumsi makanan mengandung kalsium

Kalsium memainkan peran penting dalam kesehatan dan fungsi jaringan otot serta saraf. Bukan hanya susu, tetapi makanan vegan lainnya adalah sumber kalsium yang baik. Tidak mendapatkan cukup kalsium dalam tubuh akan menyebabkan kekurangan kalsium yang menyebabkan osteoporosis dan gangguan tulang lainnya. Dan dalam artikel ini, kamu akan mengetahui berbagai cara untuk mendapatkan lebih banyak kalsium dalam makanan kamu.

Apa yang Dilakukan Kalsium?

Kalsium diperlukan untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat dan juga membantu dalam menjaga pembuluh darah yang sehat dan mengatur tekanan darah dan bahkan dapat mencegah resistensi insulin. Konon orang dewasa harus mengonsumsi 1.000 mg kalsium per hari.

Dan buat orang yang tidak dapat mengonsumsi makanan dari susu, penting untuk mengetahui bagaimana kamu bisa mendapatkan kalsium dalam makanan kamu. Dan ini adalah cara untuk mendapatkan cukup kalsium dalam diet kamu.

  1. Memastikan Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Vitamin D

Penting untuk  memasukkan banyak makanan vitamin D ke dalam diet kamu. Karena vitamin D membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dan vitamin ini membantu memfasilitasi penyerapan kalsium dari usus dan memperlambat laju pengeluaran kalsium. Dan untuk mendapatkan jumlah vitamin D yang bagus, cobalah menambahkan porsi jamur atau tahu yang sehat untuk makanan kamu.

  1. Pilih Makanan yang diperkaya Kalsium

Untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan kalsium dalam jumlah banyak ke dalam diet kamu, kamu harus melengkapi diet kamu dengan makanan dan minuman yang diperkaya kalsium. Selain dari produk susu, kamu bisa mendapatkan kalsium dari sereal sarapan dan sayuran berdaun hijau lainnya yang telah diperkaya dengan kalsium.

  1. Pilih Makanan Bukan Susu

Ada banyak makanan non-susu yang kaya kalsium dan ketika dikonsumsi dapat memberi kamu asupan kalsium harian. Kacang adalah makanan yang kaya akan kalsium seperti kacang almond dan kacang Brazil yang dipercaya mengandung sekitar 100 mg kalsium per porsi. Selain itu, salmon kaleng dan oatmeal juga merupakan sumber kalsium yang harus ditambahkan ke dalam makanan kamu untuk meningkatkan asupan kalsium kamu.

  1. Susu Non-susu Alternatif

Ada banyak alternatif susu non-susu seperti susu beras, susu almond, susu rami, dll yang juga sumber kalsium yang sangat baik. Tetapi pastikan kamu memilih alternatif susu yang kaya nutrisi. Misalnya, susu kedelai memiliki nutrisi yang sama dengan susu sapi seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Periksa label dan lihat kandungan kalsium untuk melihat alternatif susu mana yang cocok untuk kamu.

  1. Tambahkan Lebih Banyak Keju Dalam Sandwich Kamu

Tambahkan porsi kecil keju dalam salad, sandwich, dan pizza untuk mendapatkan tambahan kalsium ekstra. Satu porsi keju memiliki 100 kalori rata-rata dan kalsium sebanyak setengah cangkir susu.

Baca juga Jangan Asal, Kelebihan Vitamin C Juga Bisa Menimbulkan Risiko Kesehatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Tubuh Langsing Seperti Gisella Anastasia? Ternyata Ini Tips Dietnya

Tubuh yang langsing dan proporsional pastilah menjadi impian