Memiliki wajah cantik nan sehat adalah dambaan dan keinginan semua wanita. Namun, banyak juga wanita yang justru memilih produk kecantikan atau kosmetik atau produk perawatan kulit yang salah, sehingga bukannya kulit semakin sehat dan cantik, justru malah iritasi dan rusak. Memilih produk kecantikan yang salah dan berbahaya akan berdampak buruk bagi kecantikan dan kesehatan kulitmu, lho! Jika pemakaian terus menerus dilakukan, maka akan berakibat fatal, seperti kanker kulit.

Jadi, selain harus skeptis tentang kandungan kosmetik dan tidak tergiur oleh iklan-iklan yang menjanjikan kulit putih dan mulus dalam waktu singkat, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengenali produk kecantikan dan perawatan kulit yang berbahaya untuk wajahmu.

Meneliti Kandungan Kosmetik

n-teen-girl-shopping-for-makeup-628x314

Sebelum membeli, usahakan untuk selalu mengecek kandungan dari produk perawatan dan kecantikan yang hendak kamu beli. Cobalah untuk mengenali istilah kandungan beserta manfaat dan keamanan dari kandungan tersebut. Kamu juga harus tahu zat-zat atau kandungan berbahaya dari kosmetik yang harus kamu hindari, seperti merkuri dan hidroquinon yang merusak lapisan kulit, hingga berdampak buruk pada organ-organ tubuh.

Memperhatikan Kemasan

o-makeup-haushaltsgegenstaende-facebook

Perhatikan kemasan sebelum membeli produk-produk bersangkutan. Pastikan bahwa kemasan tersebut terdapat label merknya. Jika tidak, pastikan produk kecantikan dan perawatan kulit tersebut berasal dari dokter yang terpercaya. Selain kemasannya kamu perhatikan, komposisi dari produk tersebut juga harus kamu baca dan teliti terlebih dahulu, ya!

Memastikan Legalitas BPOM

affordable-commercial-starters-makeup-kit-set

Ingatlah selalu, bahwa produk kecantikan dan perawatan kulit yang bagus sudah memiliki kode BPOM. Jika kamu ragu memastikan apakah kode BPOM sudah betul atau belum, kamu bisa mengecek www.pom.go.id untuk memastikan produk sudah terdaftar dan lulus uji dari Departemen Kesehatan atau tidak.

Mengenali Warna dan Bau

Makeup-Tricks-for-a-Picture-Perfect-Face-Choosing-the-Right-Foundation-Copy

Kamu juga harus bisa mengenali produk kecantikan dan perawatan kulit dari warna dan baunya. Semakin menyengat aromanya dan semakin mencolok warnanya, jangan pernah kamu beli dan bawa pulang karena sudah pasti kosmetik tersebut memiliki kandungan zat kimia dan pewarna tekstil atau pewarna lainnya yang berbahaya.

Mengetes Langsung pada Kulit

wanita-berdandan-makeup

Cara ini merupakan cara paling ampuh dalam mengetahui dan membuktikan apakah produk kecantikan dan perawatan kulit cocok atau tidak dengan kulitmu. Kamu bisa mengoleskan sedikit pada kulit tangan atau bagian belakang leher. Rasakan efek setelah mengoles hingga beberapa jam, jika kamu merasakan gatal, terbakar, perih, dan iritasi yang menimbulkan kemerah-merahan pada kulit, tinggalkan dan jangan dibeli.

Jadi, lebih teliti dan tidak sembarangan memilih produk kecantikan dan perawatan kulit, akan membantu kulit serta tubuhmu sehat lebih lama. Lebih berhati-hati, ya girls!

Baca juga Apa Yang Akan Kamu Lakukan Apabila Kosmetikmu Sudah Kadaluarsa? Dibuang Atau Tetap Disimpan?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Rahasia untuk Hidung yang Bebas Minyak

Masalah yang sering dialami para wanita adalah area