Tidak ada yang lebih menyebalkan selain memulai hari dengan sakit kepala yang membuatmu malas meninggalkan tempat tidur. Memang, rasanya sangat mengganggu, sakit, dan membingungkan. Kamu mungkin bertanya-tanya: kamu kan baru bangun, lalu kenapa kok bisa kepalamu sakit?

Ternyata, bisa jadi ada banyak pemicu yang menyebabkan ini terjadi. Apa saja?

Kurang Tidur

Tidur malammu mungkin seharusnya berlangsung lebih lama. Tubuhmu butuh tujuh hingga delapan jam istirahat total setiap malamnya agar bisa berfungsi secara normal. Jadi, ketika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, tubuhmu mengasumsikan ada yang salah dan mulai memasuki mode panik.

Hormon adrenalinmu meningkat, sehingga detak jantungmu menjadi cepat, tekanan darahmu menjadi lebih tinggi, dan kamu jadi stress. Semua penyebab ini bisa berujung kepada sakit kepala. Obat penghilang rasa sakit seperti ibprofen bisa menyelesaikan rasa sakit ini dengan mengurangi inflamasi. Jika setelah mengkonsumsi obat, kamu masih merasa tidak baik, tidurlah barang 20-30 menit untuk memberikan tubuhmu waktu istirahat yang dibutuhkan agar berfungsi normal. Tetapi, jangan lebih lama, karena malah bisa membuat sakitmu menjadi lebih parah.

Kebanyakan Tidur

Iya, kebanyakan tidur juga hal buruk yang bisa menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Hal ini dikarenakan tidur lebih dari sembilan jam setiap harinya bisa menyebabkan penurunan level hormon serotonin di dalam otak. Sedangkan, serotonin rendah bisa menyebabkan aliran darah ke otak berkurang. Sakit kepala jenis ini seringkali muncul di akhir pekan ketika orang-orang sering balas dendam tidur. Karena itu, meskipun akhir pekan, tetaplah memasang alarm.

Hormon Endorfin Rendah

Produksi hormon endorfin yang bisa membautmu merasa senang paling rendah pada pagi hari. Buat sebagian orang, ini bisa memicu migraine. Endorfin yang rendah juga bisa mempengaruhi serotonin, sehingga menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit. Hal ini bisa membuat aliran darah ke otak berkurang sehingga memicu sakit kepala.

Kabar buruknya, para ahli masih belum tahu mengapa ini mempengaruhi sebagian orang dan tidak sebagian lain. Akan tetapi, kamu bisa mencoba olahraga pagi-pagi untuk mengurangi rasa sakit ini.

Mengorok

Mengorok keras bisa merupakan pertanda apnea, sebuah kondisi yang bisa menyebabkanmu tercekik, kehabisan udara, dan bahkan secara sementara berhenti bernapas selama tidur. Episode-episode ini memang hanya berlangsung selama beberapa detik, tetapi bisa berujung pada kurangnya oksigen yang masuk ke otakmu. Para ahli ada ayng menduga bahwa kurangnya oksien ini menyebabkan pembuluh darah mengembang sehingga meningkatkan tekanan ke dalam otak. Bisa jadi kamu memiliki penyakit ini dan tidak sadar.

Depresi

Depresi bisa menyebabkan sakit kepala dan bisa terjadi kapan pun. Ini disebabkan karena depresi dihubungkan dengan hormon serotonin yang rendah. Kemungkinan besar sakit ini semakin intens pada pagi hari karena jadwal tidur tak teratur, bangun terlalu sering di malam hari, atau tidur kelamaan. Rasa sakit ini juga bisa mempengaruhi suasana hati, menciptakan lingkaran setan. Jika ini penyebabnya, obat sakit kepala hanya akan menjadi pereda sementara. Temui dokter dan dapatkan antidepresan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Berperang Melawan Virus dengan tetap #DiRumahAja

Wabah Virus Corona (COVID-19) sudah semakin meluas hingga